Rabu, 15 Desember 2010

Profil Pribadi


Sri Endang Susetiawati adalah seorang ibu dari tiga anak laki-laki (Raza, Azka, dan Akbar) dan seorang guru PNS di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Ia adalah anak pertama dari enam bersaudara yang lahir di Cirebon, 44 tahun yang lalu.

Pendidikan SD, SMP dan SMA ia tempuh di kota Kuningan. Kemudian, pada tahun 1988 ia melanjutkan kuliah di Jurusan Pendidikan Sejarah Strata 1 (S-1) IKIP Bandung melalui jalur PMDK, dengan menerima Beasiswa Supersemar, hingga lulus tahun 1993.

Akhir Januari 2013, ia meraih gelar S-2, Magister Pendidikan (M.Pd.) Program Studi Pendidikan Ekonomi dari Universitas Kuningan (UNIKU). Tesisnya yang berjudul "Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Internet Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa" telah mengantarkannya sebagai lulusan terbaik dengan predikat cum laude.

Sejak kuliah, tulisan artikelnya sempat dimuat pada harian umum di Bandung, seperti Pikiran Rakyat dan Gala (Galamedia). Sejumlah penghargaan yang pernah diterima, antara lain :

1. Juara 1 lomba karya ilmiah tingkat Provinsi tentang lingkungan hidup yang diselenggarakan oleh Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisional Provinsi Jawa Barat, tahun 1995;
2. Pemenang 1 Sayembara Karya Tulis Tingkat Nasional Kategori Dosen dan Umum yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, tahun 2010;
3. Juara 3 Lomba Karya Tulis Tingkat Nasional Ketogori Umum yang diselenggarakan oleh Dispenal Mabes TNI AL, tahun 2011. 
4. Juara 2 Lomba Guru Menulis Kreatif, pada Konferensi Guru Blogger Nasional, yang diselenggarakan oleh Universitas Airlangga (UNAIR), Surabaya, tahun 2013.

Hingga kini, ia masih terus menulis artikel opini, berita, dan tulisan fiksi yang dimuat dalam blog miliknya sendiri, yakni Blog Srie. Blog yang dibuat sejak tiga tahun lalu dan kini telah memuat sekitar 700 tulisan ini beralamatkan di www.srie.org.

Sejumlah buku pernah ditulisnya, antara lain buku berjudul “Kunci Rahasia Sukses Belajar, Sukses Masa Depan”, “Islam, Ajaran Damai dan Perubahan Sosial”, “Guru dan Kritik Pendidikan”, dan “Novel Meraih Tiket Surga”.

Pengalaman kerjanya dimulai sejak tahun 1992 dengan menjadi Guru Sejarah berstatus Guru Tetap Yayasan (GTY) di SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara Bandung (1992-1998). Di SMA ini, pernah menjabat sebagai Wakil Kepala Sekolah.  Pernah mengajar juga di SMA PGII 1 Bandung (1994 – 2002). Kini, ia mengajar sebagai Guru IPS di SMPN 1 Kalimanggis, sejak tahun 2000 hingga sekarang, dan Dosen Mata Kuliah Kewirausahaan di STKIP Muhammadiyah Kuningan, sejak 2013.

Perhatiannya pada dunia pendidikan, kemudian dilanjutkan dengan mendirikan sebuah lembaga bernama SRIE atau singkatan dari Sri Rachman Institute for Education. Lembaga SRIE didirikan pada tanggal 22 Desember 2010 bersama suami, Abdurrachman Al Hakim. Pendirian SRIE didedikasikan untuk pengembangan pendidikan, baik pendidikan formal (sekolah) maupun non formal dan informal (berbasis masyarakat). []




18 komentar:

  1. Salut ... salut... selamat...

    BalasHapus
  2. Terima kasih (bu) umi...
    Salam persahabatan

    BalasHapus
  3. Blog luar biasa, yang seperti ini yang saya suka. Izin Link Bu Srie di Blog saya bu

    BalasHapus
  4. Mohon izin saya link blog bu Srie pada Blog saya

    BalasHapus
  5. Terima kasih Pak Subhan, silakan di-link, semoga bermanfaat.

    Salam persahabatan

    BalasHapus
  6. Sy ikut support for SRIE, semoga suksess selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trims atas supportnya.
      Ayo rajin menulis utk berbagi..
      salam utk teman2 MGMP IPS di Malang

      Hapus
  7. Balasan
    1. Met malam, Bang Robert Siregar.. Apa kabar?
      Trima kasih atas apresiasinya,
      Saya cuma Blogger pemula.. hehe..

      Salam persahabatan

      Hapus
  8. Wilujeung tepang salam kenal ti Sumedang tinggal di Bekasi mengajar di LPIT Thariq Bin Ziyad

    BalasHapus
  9. Muhun. Kumaha damang, bu Rukayah? Salam kenal kembali.

    Hatur nuhun,
    salam persahabatan

    BalasHapus
  10. salam kenal bu srie, hebat untuk semua prestasinya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, mas Tenjo. Salam kenal juga.

      salam persahabatan

      Hapus
  11. saya salut dengan blog ini isinya lengkap dan bermutu. Semoga kerja keras dari ibu sri untuk mengembangkan blog ini menjadi pengabdian tanpa batas membumikan peradaban yang sehat dan genuine.

    Saya yakin dan percaya blog ini akan berkembang pesat.

    Saya memiliki blog portal berita buku, semoga ibu berkenan mengunjunginya di http://www.sehabooks.blogspot.com/

    Semoga sukses
    sehabuddin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, Pak Sehabudin atas kunjungan dan apresiasinya.
      Saya akan kunjungi blognya.

      Salam persahabatan

      Hapus
  12. Salam kenal dan sukses buk... seorang blogger dari Pagar Alam Sumatera Selatan

    BalasHapus
  13. wah mantap nih blog ibu Srie,.saya sebagai seorang guru merasa terbantu dengan informasi yang ada diblog ini,jgn lelah untuk tetap berkarya yaa buk..salam cikgu..

    BalasHapus
  14. hebat... senang bisa mengunjungi blog yang ibu bikin...jadi tambah informasi

    BalasHapus