Selasa, 08 Maret 2011

Aktualisasi Semangat Pertempuran Laut Aru


Pertempuran Laut Aru pada tanggal 15 Januari 1962 merupakan salah satu peristiwa yang selalu diperingati oleh jajaran keluarga besar TNI AL sebagai Hari Dharma samudera. Bagi TNI AL, peristiwa Laut Aru dan peristiwa lainnya merupakan peristiwa kepahlawanan korps TNI AL yang semangatnya senantiasa perlu diaktualisasikan pada setiap saat. Tujuannya adalah tak lain mempertahankan kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI.
Bagaimana sesungguhnya peristiwa pertempuran Laut Aru tersebut dalam konteks sejarah pembebasan Irian Jaya (Irian Barat) dari kekuasaan Kerajaan Belanda saat itu ? Bagaimana aktualisasi semangat pertempuran tersebut dalam konteks kekinian, khsusnya dalam rangka memberdayakan potensi pulau-pulau terluar dan wilayah perbatasan NKRI ?
Berikut ini merupakan tulisan berjudul “Aktualisasi Semangat Pertempuran Laut Aru, Dalam Menegakkan Kedaulatan dan Keutuhan Wilayah NKRI, Pemberdayaan Potensi Pula-Pulau Terluar dan Wilayah Perbatasan RI”. Tulisan tersebut merupakan Juara 3 Lomba Karya Tulis Tingkat Nasional Kategori Umum yang diselenggarakan oleh DISPENAL MABES TNI AL Tahun 2011. 


Aktualisasi Semangat Pertempuran Laut Aru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar