Senin, 07 Maret 2011

Fungsi Ideal Perpustakaan Nasional


Perpustakaan memiliki fungsi dan peran yang sangat penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana diamanatkan oleh UUD 1945. Betapa pentingnya keberadaan perpustakaan, sehingga dianggap perlu untuk diatur secara tersendiri oleh Undang-Undang (UU) No. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Dalam UU ini, Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI diposisikan sebagai sebuah Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPND). Dalam melaksanakan tugasnya mengkoordinir seluruh kegiatan perpustakaan secara nasional, Perpusnas RI bertanggung jawab langsung kepada Presiden. 

Bagaimana latar belakang Perpusnas RI, sehingga menjadi sebuah lembaga yang berdiri sendiri setingkat dengan Kementerian ? Bagaimana seharusnya fungsi dan peranan ideal Perpusnas RI dalam mengemban amanah yang diberikan oleh UUD 1945 ? Bagaimana sebaiknya hubungan Perpusnas RI dengan perpustakaan lainnya di seluruh Indonesia ? Apa saja yang perlu dilakukan oleh berbagai pihak agar perpustakaan dapat berfungsi secara optimal dalam mencerdaskan kehidupan bangsa ?
Berikut ini adalah sebuah tulisan yang berjudul Fungsi Ideal Perpustakaan Nasional, Menuju Indonesia Gemar Membaca, karya Dra. Sri Endang Susetiawati, yang merupakan Karya Tulis Ilmiah PEMENANG 1 (PERTAMA) Kategori Dosen dan Umum Sayembara Karya Tulis Tingkat Nasional tahun 2010, dari sejumlah 326 peserta Sayembara yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI.

Fungsi Ideal Perpustakaan Nasional, Bagaimana ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar