Selasa, 03 Mei 2011

Mempertanyakan Klaim Telkomsel. Paling Indonesia, Apanya ?


Oleh Sri Endang Susetiawati
Klaim Telkomsel sebagai operator telekomunikasi seluler yang Paling Indonesia, patut dipertanyakan. Apanya yang Paling Indonesia ?
 Apakah dengan menjadi operator seluler dengan pelanggan terbesar, hingga mencapai angka 54 % atau melebihi separuh dari jumlah pelanggan seluler di Indonesia,  dapat disebut sebagai Paling Indonesia ? Menurut saya, bukan. Itu saja belum cukup.
Apakah dengan menjadi operator seluler dengan jangkauan yang paling luas se Indonesia, lalu serta-merta dapat disebut sebagai Paling Indonesia ? Menurut saya, tidak. Itu juga belum cukup.
 Apakah dengan menjadi operator yang hendak meraih pelanggan terbanyak hingga 100 juta pelanggan, dapat dengan mudah disebut sebagai Paling Indonesia ? Catat baik-baik, ya.... Menurut saya, enggak. Ini, terlalu sepihak.
Lalu, apa yang dapat dijadikan sebagai Paling Indonesia ? Menurut saya, jika Telkomsel dinilai oleh pelanggannya sendiri, bahwa Telkomsel memang benar-menar operator seluler terbesar yang paling mampu memberikan kepuasan terbaik atas pelanggan di seluruh Indonesia.
Bukan, oleh klaim sepihak oleh Telkomsel sendiri. 
Lalu, apa yang dapat dijadikan sebagai Paling Indonesia ? Menurut saya, jika kepuasan terbaik atas pelanggan di seluruh Indonesia itu,  mampu memberikan kebanggaan yang terbaik bagi pelanggannya dan seluruh rakyat Indonesia.
Lalu, apa yang dapat dijadikan sebagai Paling Indonesia ? Menurut saya, jika kebanggaan terbaik itu, mampu memacu Telkomsel untuk berbuat yang lebih baik lagi, dari sekedar meraih keuntungan eknomi semata.
Karena,.....menjadi Paling Indonesia..... lebih dari sekedar masalah keuntungan ekonomi....
(Bersambung ......)
Terima kasih,
Salam Persahabatan
Srie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar