Senin, 29 Agustus 2011

Selamat Berbahagia Bersama Keluarga di Hari Raya Idul Fitri 1432 H

Oleh Sri Endang Susetiawati
Idul Fitri merupakan bagian dari babak kehidupan umat manusia. Idul Fitri, terkait langsung dengan makna puasa yang berarti upaya memelihara kefitrahan manusia. Meminjam kata-kata sastrawan Dante, Cak Nur menyebutkan bahwa manusia memulai hidup dalam alam kebahagiaan, alam paradiso, karena manusia menurut Islam dilahirkan dalam keadaan fitrah.

Namun, karena kelemahannya sendiri, manusia mengalami pengotoran hati nuraninya, sehingga lama-kelamaan akan jatuh dan terseret ke alam kesengsaraan, alam inferno. Maka, datanglah bulan Ramadhan sebagai rahmat Allah kepada manusia, untuk memberi kesempatan membersihkan diri dan bertobat, dan inilah proses di alam purgatorio.
Dengan asumsi bahwa proses itu dijalaninya dengan baik dan sukses, maka pada akhir Ramadhan manusia akan kembali ke alam kesuciannya sendiri, yaitu fitrahnya, yang membawa kebahagiaan, masuk lagi  ke alam paradiso. Kebahagiaan inilah yang dilambangkan dalam Hari Raya Lebaran, sebagai simbol kebebasan dari dosa, pada hari Idhul Fitri. Id Al-Fithr”,berarti kembalinya fitrah manusia.
Manusia yang telah bebas dari dosa, maka layak merayakan sebuah kemenangan. Idul Fitri, dengan demikian berarti pula hari kemenangan. Menang atas jerat-jerat hawa nafsu yang meninggalkan noda-noda dosa pada kesucian asal manusia.
Selanjutnya, usai sholat Idul Fitri terjadi saling memaafkan, sebagai upaya memperkuat silaturahmi (silat al-rahm), yang berarti tali hubungan kasih sayang antar sesama manusia. Ucapan salam yang berasal dari doa min al aidzin wa al faidzin  pun selalu terlontar saat bertemu dengan sesama.
Ucapan yang populer saat berlebaran itu merupakan kependekan dari doa ”fa ‘ala-na l-Lah-u min al aidzin wa alfaidzin wa al maqbulin”. Artinya,  semoga Allah menjadikan kita semua tergolong mereka yang kembali (ke fitrah kesucian), dan beruntung, serta diterima (segala amal perbuatan kita).  Semoga, kita dapat kembali fitrah, dan memperoleh keberuntungan. Amiin.
Demikianlah. Di hari yang fitri ini, izinkan saya dan keluarga menyampaikan selamat berbahagia bersama keluarga di Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1432 Hijriyah. Kami mohon maaf, lahir dan bathin atas segala kesalahan selama saya berkompasiana. Semoga, jiwa dan semangat Idul Fitri akan memberikan kebaikan bagi kita semua.*** By Srie
Salam Lebaran
Srie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar