Selasa, 25 Oktober 2011

Kunci Sukses Belajar (1): Membaca dan Berlatih

Oleh Sri Endang Susetiawati
Tak perlu ada keraguan sedikitpun. Bahwa semua orang, termasuk kamu sebagai pelajar di sekolah, pasti akan dapat meraih kesuksesan dalam belajar. Maka, belajarlah pada orang-orang yang dianggap pernah sukses belajar saat mereka pernah bersekolah.
Tanyakanlah pada mereka, guru atau teman-teman kamu sendiri yang dianggap telah berhasil dalam belajar. Bagaimanakah cara mereka belajar ? Apa rahasia mereka sehingga dapat sukses belajar ?

Jika istilah rahasia itu diibaratkan sebuah ruangan yang tertutup, atau belum terbuka, sehingga belum banyak orang yang masuk dan mengetahuinya, maka setidaknya kamu dapat mengetahui sejumlah kunci yang dapat membuka rahasia sukses belajar. Selanjutnya, milikilah kunci-kunci sukses itu agar kamu pun dapat belajar untuk meraih sukses belajar pula.
Apakah kunci-kunci sekses belajar itu ? Kunci-kunci sukses itu, antara lain adalah kamu harus suka membaca, berlatih, bertanya, menguasai lebih awal dan menguasai lebih banyak lagi.
Membaca dan Berlatih
Kunci sukses belajar yang pertama adalah membaca. Sukses belajar diawali dari membaca. Tanpa kamu suka membaca, maka hampir mustahil kamu akan dapat meraih kesuksesan dalam belajar. Bacalah materi pelajaran, sekurang-kurangnya sehari sebelum diajarkan oleh guru di kelas.
Pahami apa yang sedang dibaca, kemudian buatlah catatan sendiri mengenai beberapa hal penting dari isi materi pelajaran tersebut. Tidak harus menghapal seluruh materi yang dibaca. Namun, yang terpenting adalah kamu memahami dan menguasai inti materi yang sedang dibaca.
Cara termudah untuk mengetahui apakah kamu telah menguasai ataukah belum atas isi materi yang sedang kamu baca adalah dengan melakukan dua cara. Kedua cara ini merupakan kunci sukses belajar yang kedua, yaitu kamu harus rajin berlatih. Cara pertama, kamu perlu berlatih mengemukakan apa dan bagaimana isi dari materi yang telah kamu baca itu dengan kata-kata sendiri, baik secara lisan maupun tulisan.
Jika kamu telah mampu menyusun kata-kata atau kalimat sendiri dengan cukup lancar yang mewakili isi pokok dari materi yang telah dibaca, maka kamu berarti telah dianggap menguasai materi tersebut dengan baik. Sebaliknya, apabila kamu belum dapat mengungkapkan kata-kata sendiri yang dapat menjelaskan apa dan bagaimana isi dari materi yang kamu baca, atau kamu masih terbata-bata dan kurang lancar, maka kamu berarti belum menguasainya. Artinya, kamu harus mengulangi lagi membaca materi pelajaran tersebut.
Cara kedua, kamu perlu rajin berlatih mengerjakan seluruh tugas dan soal latihan dengan sebaik-baiknya. Jika ada soal latihan yang tidak dapat kamu isi atau kamu jawab, janganlah langsung melihat dahulu materi yang pernah dibaca atau melihat kunci jawaban yang tersedia. Sekali lagi, saat mengerjakan soal latihan kamu tidak boleh melihat-lihat atau membolak-balik dahulu materi yang dibaca, apalagi melihat kunci jawaban untuk memperoleh jawaban !
Hal ini untuk mengetahui dengan pasti, apakah kamu sudah benar-benar menguasai materi pelajaran yang telah dibaca ataukah belum. Dengan cara ini, kamu akan dapat mengukur sendiri seberapa jauh kamu telah menguasai materi dan seberapa banyak kamu belum menguasai materi. Sikap jujur pada diri sendiri saat melakukan penilaian merupakan awal dari keberhasilan kamu dalam belajar.
Jika ada soal yang tidak dapat dijawab, maka lewati saja. Kerjakan dahulu soal latihan yang dianggap oleh kamu bisa menjawabnya. Selanjutnya, berlatihlah kamu menilai diri sendiri dengan cara memeriksa sendiri atas hasil kerja kamu dalam menyelesaikan soal-soal latihan.
Kali ini, kamu diperbolehkan melihat kembali materi yang telah dibaca atau mencocokkan dengan kunci jawaban yang tersedia. Hitunglah sendiri, berapa nilai “ulangan” yang telah kamu kerjakan, berapa soal yang dikerjakan dengan benar dan berapa soal yang jawabannya masih salah.*** By Srie.
(Bersambung..... Klik Di sini)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar