Minggu, 30 Oktober 2011

Kunci Sukses Belajar (3): Tambah Waktu Belajar

Oleh Sri Endang Susetiawati
Langkah yang harus kamu lakukan adalah dengan menambah lagi waktu belajar kamu. Tujuannya adalah untuk memberikan kesempatan waktu bagi kamu, mempelajari kembali materi pelajaran terkait pada waktu-waktu sebelumnya, atau pada semester sebelumnya. Bahkan, bila perlu kamu harus belajar kembali atas materi pelajaran pada kelas sebelumnya yang lebih bawah.
Terkait mengenai waktunya, terserah kamu sendiri untuk menentukan waktu yang tepat dalam melakukan tambahan jam belajar di rumah. Tiap anak memiliki kesukaannya masing-masing untuk memilih waktu belajar yang tepat. Ada yang  lebih suka waktu di sore hari, malam hari atau di pagi hari sebelum berangkat ke sekolah. Hal yang terpenting adalah kamu tidak boleh menunda-nuda lagi untuk mengatasi kesulitan belajar ini. Agar tidak selalu menjadi masalah yang menghalangi kamu dalam menguasai materi pelajaran berikutnya.
Kamu perlu mengejar ketertinggalan tersebut, bahkan bila perlu kamu tidak usah merasa malu untuk kembali belajar materi pelajaran di tingkat SD sekalipun. Amat mungkin, kesulitan belajar kamu sekarang, sebenarnya berawal dari ketertinggalan kamu dalam menguasai materi pelajaran sejak saat kamu duduk di bangku SD. Maka, kejarlah ketertinggalan kamu itu dengan mau belajar kembali hingga ke materi pelajaran tingkat SD sekalipun.
“Jika kamu hendak menaiki tangga, kamu akan mengalami kesulitan saat ada anak tangga yang terlewati, atau bahkan hilang. Maka, miliki dahulu anak tangga itu, agar kamu dapat menaikinya dengan lebih mudah” komentar seseorang yang dulu biasa menjadi langganan juara 1 di kelas dan di sekolahnya.
Tidak ada kesulitan belajar yang tidak dapat diatasi, kecuali kamu memang benar-benar tidak mau berusaha untuk mengatasinya. Kesulitan belajar dapat menjadi serius dan akhirnya  tidak akan dapat teratasi apabila kamu tidak mau mengulang belajar atas materi yang belum kamu kuasai. Masalah kesulitan belajar dan bagaimana kamu mampu mengatasinya, amat tergantung pada diri kamu sendiri. Berlatihlah kamu untuk mampu mengatasi masalah diri sendiri secara mandiri.
Perhatikanlah, saat ada di antara teman-teman kamu yang mengalami kesulitan dalam belajar. Masalahnya akan menjadi berlarut, justru saat mereka tidak sungguh-sungguh mau mengatasinya. Ketertinggalan dalam belajar atau dalam penguasaan materi pelajaran sebelumnya, tidak diatasi dengan menambah waktu belajar di rumah. Namun, justru dengan waktu belajar yang tidak bertambah sama sekali, atau bahkan waktunya menjadi semakin berkurang. Lebih parah lagi, justru tidak ada waktu belajar sama sekali, karena semakin merasa berat dan malas dalam belajar. *** By Srie

(Bersambung...)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar