Rabu, 16 November 2011

Bahasa Indonesia Menjadi Bahasa ASEAN Bukan Hanya Wacana, Sayang SBY Tidak Melanjutkannya


Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Wacana menjadikan Bahasa Indonesia menjadi 'bahasa ASEAN" sepertinya bukan isap jempol semata. Perlahan-lahan wacana itu berusaha diwujudkan seperti terjadi pada pagi ini, Rabu pukul 9.35 WITA, di Bali Nusa Dua Convention Centre di mana KTT ASEAN ke-19 dan dua KTT terkait dilangsungkan.
Adalah Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Hadi Purnomo yang berbicara dalam Bahasa Indonesia di forum internasional itu. Dia berpidato pada pertemuan badan pemeriksa keuangan se-ASEAN yang dihadiri dan dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Hadi menyebut forum ini penting bagi kawasan mengingat ASEAN tak akan lama lagi pada 2015 menjadi sebuah komunitas bersama, Komunitas ASEAN. Rangkaian kalimat dalam Bahasa Indonesia dari Hadi Purnomo ini tidak berlanjut kepada Presiden Yudhoyono karena sang presiden menyampaikan pidato dalam Bahasa Inggris.
Namun, baik Yudhoyono maupun Hadi Purnomo menyampaikan salam penutup yang umum digunakan  masyarakat Indonesia.  Keduanya berkata, "Wassalamualaikum." (*)
Editor: Jafar M Sidik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar