Selasa, 01 November 2011

Kunci Sukses Belajar (5): Belajar Ala Pendekar


Oleh Sri Endang Susetiawati
Pernahkah kamu tahu atau melihat sendiri sebuah film tentang bagaimana seorang pendekar silat atau kungfu yang sungguh-sungguh sedang memperdalam ilmu beladiri ?
Ibarat seorang pendekar yang pernah mengalami kekalahan, maka ia perlu menyibukkan diri untuk selalu belajar dan berlatih di suatu tempat tertentu yang khusus. Selama belajar dan berlatih itulah, ia tidak dapat diganggu oleh siapapun, dan belum bisa pergi ke mana-mana hingga ilmu yang dipelajarinya dianggap telah tuntas dengan sempurna.

Tentu saja, kamu tidak perlu persis meniru sang pendekar dengan mengurung diri secara terus-menerus di dalam sebuah kamar, misalnya. Kamu hanya perlu lebih fokus atau  lebih lama untuk mendahulukan waktu belajar terlebih dahulu, dibandingkan dengan waktu kamu untuk bermain atau menonton televisi.
Ini merupakan cara yang paling masuk akal agar kamu dapat keluar dari masalah kesulitan belajar. Atasi kesulitan belajar kamu, pertama-tama oleh diri kamu sendiri, dengan cara berlatih mengatur jadwal kebiasaan hidup kamu selama berada di rumah, dengan satu tujuan meraih kesuksesan belajar.
“Begitu banyak orang yang ingin keluar dari masalah, tanpa ia bersedia mengubah  kebiasaan hidupnya yang justru menjadi sumber masalah baginya. Mereka selalu berharap akan dapat mengalami perubahan dan dapat meraih kesuksesan hidup, dengan cara-cara yang justru sama sekali tidak pernah ia ubah, yang terbukti telah membawanya pada kegagalam dalam hidupnya” kata sang motivator dalam suatu acara training kepribadian.*** By Srie

(Bersambung.....)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar