Rabu, 02 November 2011

Kunci Sukses Belajar (6): Bertanyalah!

Oleh Sri Endang Susetiawati
Tentu saja, kamu dapat meminta bantuan pada orang lain untuk dapat mengatasi kesulitan kamu dalam belajar, khususnya dalam mengerjakan sejumlah soal yang dianggap tidak dapat kamu atasi sendiri. Makanya, saat kamu belajar sangat penting untuk melakukan pencatatan terkait soal-soal yang sulit kamu kerjakan, atau ada materi yang kamu baca belum kamu pahami sepenuhnya.
Seseorang yang sungguh-sungguh dalam belajar, biasanya ia akan memiliki sejumlah daftar catatan mengenai materi yang belum dipahami atau soal yang belum dapat dikerjakan dengan benar. Daftar catatan inilah yang selanjutnya dibuka dan dipertanyakan kepada guru saat kamu belajar di kelas.

Biasakanlah kamu aktif bertanya kepada guru mengenai materi pelajaran yang sedang diikuti. Pertanyaannya bisa didasarkan atas catatan yang telah kamu buat saat belajar di rumah, atau berdasarkan informasi dan penjelasan yang telah diuraikan oleh guru mengenai materi pelajaran yang dianggap oleh kamu masih belum dipahami dan masih membutuhkan penjelasan.
Aktif bertanya kepada guru merupakan bagian dari proses belajar yang baik bagi kamu sendiri. Secara langsung atau tidak langsung, kebiasaan kamu bertanya kepada guru akan mempercepat belajar kamu dalam menguasai materi pelajaran.
Kini, bukan masanya lagi seorang pelajar yang belajar di kelas hanya berbekal pengetahuan yang masih kosong atas materi yang akan dipelajari. Bukan zamannya lagi, seorang siswa yang sedang mengikuti pelajaran di kelas, bersikap pasif dengan hanya sekedar mendengarkan atau mencatat apa saja yang sedang diajarkan oleh gurunya.
Semua itu, sama sekali bukanlah cara pelajar yang berharap akan sukses dalam belajar. Tanpa kesiapan awal dalam belajar, dan tanpa kamu mengajukan pertanyaan kepada guru saat belajar di kelas, akan memberikan  hasil belajar yang tidak memuaskan, bahkan amat mungkin kamu akan semakin terserang “penyakit” bosan dan malas belajar.
Seorang pelajar harus belajar dahulu di rumah sebelum materi pelajaran itu diajarkan oleh guru di kelas. Lalu, dengarkan dan simak baik-baik seluruh materi yang diajarkan oleh guru selama mengajar di kelas. Ajukanlah pertanyaan atau pendapat kamu mengenai materi yang diajarkan oleh guru tersebut.
Manfaatkan sebaik mungkin waktu belajar di kelas dengan kamu bertanya mengenai materi atau soal yang dianggap oleh kamu belum dimengerti atau belum benar-benar kamu kuasai. Seorang guru akan melihat muridnya telah menguasai materi pelajaran yang ia ajarkan atau belum, salah satunya dapat dilihat dari pertanyaan yang diajukan oleh para muridnya.
Dengan bertanya, berarti kamu sebenarnya sedang berlatih dalam mengasah kemampuan berkomunikasi. Dengan bertanya, pun kamu sedang berlatih dalam memupuk rasa percaya diri, terutama di hadapan banyak orang.
Dengan bertanya, kamu sedang berlatih untuk membuat pengetahuan yang kamu miliki menjadi semakin lebih sistematis, logis, lebih tersusun rapi  dan akhirnya, lebih mudah tertanam dalam ingatan otak. Sehingga, kamu akan merasakan dampak yang lebih baik, yakni kamu tidak mudah lupa mengenai materi pelajaran tersebut. *** By Srie

(Bresambung......)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar