Selasa, 20 November 2012

Mapel Dihapus, Guru TIK Resah


Srie, - Sejumlah guru yang mengajar mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (Mapel TIK) mengaku cukup resah dengan adanya kurikulum baru. Pasalnya, Mapel TIK akan dihapus pada kurikulum baru SMP yang akan mulai berlaku pada awal tahun ajaran baru 2013.

Keresahan para guru ini terkait dengan penjelasan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) yang dianggap kurang memadai. Menurut mereka, seharusnya Mendikbud berpikir lebih jauh mengenai bagaimana nasib guru yang mata pelajarannya dihapus. 

Pak menteri, bagaimana nasib guru pengajar TIK yang sudah tersertifikasi. Mohon itu dipikirkan pak. Jangan hanya membuat kebijakan-kebijakan dan kurikulum baru (saja),” kata Bu Ida, guru pengajar TIK asal Sampang, Jatim, yang dikutip dari Blog Srie (15/11).

Sementara itu seorang guru TIK lainnya Bu Sri, di Kuningan, Jabar, mengaku terkejut saat mengetahui mapelnya akan dihapus mulai tahun depan. Alasannya, ia akan ganti-ganti lagi mapel yang akan dipegangnya. Bahkan, mapel TIK sekarang pun tidak sesuai dengan pendidikan yang dijalani, yakni Ekonomi.

Memang, tidak mudah bagi guru untuk beralih dari satu mapel ke mapel yang lainnya. Kemendikbud dianggap mengambil cara mudahnya saja, padahal di lapangan banyak masalah yang akan ditimbulkan pasca penghapusan mapel TIK.

Di samping masalah perlunya penyesuaian baru, juga terkait dengan masalah sertifikasi. Untuk guru TIK yang sudah tersertifikasi akan bermalasah kembali ketika mapel baru yang dipegangnya nanti tidak sesuai dengan mapel yang disertifikasi.

Belum lagi, ada kemungkinan guru kekurangan jam mengajar minimal, akibat mapel yang berkurang. Terpenuhinya hal tersebut merupakan persyaratan guru tersertifikasi. Jika tidak, maka tunjangan sertifikasi akan ditahan.

Pak Suti, guru asal Kabupaten Sidrap, Sulsel, mengingatkan Mendikbud agar tidak seenaknya mengambil kebijakan penghapusan mapel. Karena, menurutnya, akan ada pihak yang menjadi korban. Antara lain, para guru TIK dan masasiswa jurusan pendidikan TIK yang nasibnya bermasalah usai penghapusan mapel TIK.

Pak Menteri yg terhormat...tolong berpikir yg baik, jangan asal enaknya mengambil suatu kebijakan2 yg bisa mengorbankan banyak orang,” ujar Pak Suti kepada Blog Srie.


Guru lainnya, adalah Pak Wijaya Kusumah atau lebih dikenal dengan sebutan Om Jay, salah seorang guru TIK di SMP Labcshool, Rawamangun, Jakarta.

Dalam sebuah komentarnya di salah satu situs media sosial khusus tentang pendidikan, Omjay berusaha tidak menjadikan penghapusan mapel TIK sebagai masalah bagi dirinya. Malah ia terkesan masih bisa bercanda.

“Asyik, guru TIK diangkat menjadi kepala sekolah. Hehehe.. Soalnya gak ada jam ngajar. Hehehe…” demikian komentarnya ringan.

Om Jay masih sempat berharap, agar penghapusan mapel TIK bukan merupakan keputusan Kemendiknas yang sesat dan bersifat sesaat.  Selanjutnya, sebagai guru yang sudah tersertifikasi, ia mengatakan kesiapannya mengajar mapel apa saja, asalkan tidak mengganggu jam mengajar bagi guru tersertifikasi lainnya.

Sebelumnya, pihak Kemendikbud telah mengungkapkan rencana perubahan kurikulum, dimana mapel TIK merupakan salah satu mapel yang akan dihapus. Dalam draft struktur kurikulum baru, mapel TIK akan diintegrasikan pada semua mapel lainnya berdasarkan konsep pendidikan yang berbasis TIK.

Menurut Mendikbud, Muhamad Nuh, ke depan semua guru harus menerapkan sistem pembelajaran yang berbasis TIK. Itulah, kata Mendikbud, salah satu alasan mapel TIK dihapus.
Namun demikian, Kemendikbud juga masih membuka peluang untuk TIK sebagai mapel muatan lokal, atau ekstra kurikuler.  

Saat ini, kurikulum baru akan masuk pada tahap uji publik, di mana masyarakat dipersilakan untuk memberikan masukan, saran atau kritikan terhadap rencana pemberlakuaan baru.
Dalam berbagai kesempatan, pihak Kemendikbud menjelaskan, Kurikulum baru disusun terkait dengan rencana jangka panjang bangsa Indonesia, hingga tahun 2030. *** [Srie]

Catatan:

1. Kemdikbud memberikan solusi untuk guru TIK dengan membentuk Pusat Teknologi Pendidikan di tiap sekolah. 

2. Penghapusan mapel TIK pada SMP, kemudian muncul mapel Prakarya dapat dilihat pada draft perubahan mapel SD dan SMP di sini

3. Tanggapan atas masalah tersebut: Tidak ada alasan kuat Mapel TIK dihapus!

4. Bagi bapak/ibu/rekan/saudara/i yang berniat untuk menyampaikan pendapat atau aspirasinya, silakan kirimkan ke situs Kemdikbud resmi ( http://kurikulum2013.kemdikbud.go.id./ ) yang berfungsi untuk menampung masukan selama uji publik secara online. 


121 komentar:

  1. Jaman sekarang kalau siswa tidak mengenal TIK gimana jadinya ? Udah jelas TIK itu kebutuhan penting bagi siswa dan harus diajarkan, ini malah dipaksakan untuk bisa (siapa yang ngajarnya ? kok tiba-tiba bisa) Terlebih khususnya keahlian komputer itu bermanfaat dimasyarakat pasca siswa lulus dari SMP.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang buat kebijakan (M.Nuh)... dulu sekolahnya dimana yach ?

      Hapus
    2. Mungkin di sekolah yang ijasahnya gampang, jadi ga susah susah mikirin nasib orang lain.........

      Hapus
    3. ha,,.,
      benar tu,,,
      kata rudiana

      Hapus
    4. semoga hati kita damai, ini hanya cobaan dan kita diingatkan oleh Allah SWT, bahwa sang pemberi rejeki bukanlah kemendikbud.. (padahal saya sendiri masih pusing sing sing.. he he) saya setuju kalo tik dihapus ASALKAN ada kompensasi yang sesuai atas hak2nya (guru TIK) dan tidak merepotkan.. setidaknya khusus untuk guru2 TIK dipermudah urusannya (enak kali ya... he he) misalnya boleh ngajar apa aja asal 24jam tapi masih tetap dapat tunjangan sertifikasi (boleh dong menghayal.. sekedar menghibur diri) hal ini sudah saya tanyakan ke dinas dikpora jepara (saya guru TIK PNS pemkab Jepara), mau tahu jawabannya.. ga mungkin ga mungkin semua itu terjadi (slanker tahu lagunya), kesimpulannya pejabat dinas dikpora jepara adalah SLANKER SEJATI.. salam SLANKER.. salam buat semua guru TIK sedunia akhirat.. (di akhirat nanti tidak seorangpun yang akan didholimi)

      Hapus
    5. Mapel TIK seharusnya dikembangkan sedemikian rupa, pelatihan guru TIK secara maksimal sehingga melahirkan anak - anak yang menguasai dunia maya di Indonesia dan bukan hanya sebagai pengguna saja.

      Hapus
  2. setuju untuk yang komentar diatas...
    kasian untuk siswa siswi di indonesia akan tambah GABTEK, adanya TIK sekarang saja belum mencakup ke seluruh negeri di JATENG saja masih belum, keputusan haruslah menyeluruh tidak sepihak...

    BalasHapus
  3. yg sudah PNS gak sah kuatitr, gak bakalan di PHK kok, sertifikasi emang klo gak dpt sertifikasibakalan mati gitu? 10 th yll gak ada sertifikasi aja msh hidup kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda bukan PNS, Gak tahu dudk perkaranya, bukan sesederhana yang anda maksud..., Pikir dulu kalo mau komentar BUNG Kikuk...
      Anda Tahu PNS wajib Mengajar 18 jam atau 24 Jam... kalo kurang bahkan tidak dapat jam berarti setfikikasi atau gaji atau yang lainnya juga pengaruh terhadap gaji.. bisa-bisa di copt... Paham Kah Anda...!!!!?

      Hapus
    2. PNS atau bukan PNS tetap TIK itu penting, dan menyangkut kehidupan guru-guru TIK. Jika emang pemerintah maunya begitu, harus ada solusi yang tidak merubah nasib guru TIK (terutama dah sertifikasi).

      Hapus
    3. bung kikuk kalau komentar jangan asal jeplak. pikir dulu yang jernih. ini masalah nasip hidup.

      Hapus
    4. Moga2 ganti pemerintahan-Presiden dan menteri ganti kebijakan ttg TIK

      Hapus
  4. Saya berharap ke depan TIK TIDAK DIHAPUS, malah ditingkatkan pembelajarannya, saya kwatir kalau TIK dihapus siswa-siswi kita akan lebih tidak terkontrol dalam memanfaatkan TIK, justru dengan adanya guru TIK, saya ikut mengarahkan murid-murid dalam pembelajaran TIK untuk menerapkan hal-hal yang positif, istilahnya ada beban secara bathin kalau TIK tidak diajarkan lagi di sekolah.

    BalasHapus
  5. iya bu..di blog saya bnyk jg komentar2 bernada kecewa dr guru TIK..

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga saja tidak dihapus malah ditambah jamx kita smua berdoa amin....

      Hapus
    2. setuju bang agus.

      Hapus
  6. ane pengajar IT dari SD sampai ngajar dewasa, cukup kaget denger berita ini dan komentar ane adalah :

    dengan penghapusan ini merupakan bukti selangkah menuju kemunduran bangsa, diluar negeri pelajaran IT udah masuk pelajaran inti sejak sekolah dasar, disini malah dihapus.

    ironi...

    punya kementrian pendidikan malah membuat bodoh bangsanya sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jgn terlalu memfonis bapak mentri kita mungkin punya pandangan lain

      Hapus
    2. pandangan lain apanye? ini yang komentar asli pahlawan kesiangan... udah bikin nasi telur sama es teh satu aja bang bruakaka

      Hapus
    3. emange negeri ini punyake pak menteri mau hapus.. hapus .. anak bangsa butuh keterampilan nyata dan bermanfaat komputer udh pas banget.

      Hapus
    4. mempelajari IT itu sangat mudah om masbro . gak usah pake pelajaran , orang desa pun bisa belajar IT . hanya dalam 1 bulan orang ga tau apa apa tentang IT saya yakin bisa menguasai iT bila di beri pembelajaran selama 1 bulan . menurut pengalaman saya . pelajaran TIK di indonesia hanya untuk pelajaran refreshing bagi siswa siswi mas bro . gak begitu berguna , kebanyakan siswa hanya main internet pada jam TIK . jadi pelajaran TIk hanya buang buang waktu . itu menurut saya masbro

      Hapus
    5. anda yang memberi komentar mempelajari IT hanya buang-buang waktu, di pikir dulu itu gigi, tanya sama anak kuliahan di computer, untuk dapat izasah S1 dari komputer bukan dengan cara bermain komputer dapat izajah, orang untuk membuat sofware saja tidak dengan membuang-buang waktu, orang yang ciptakan software window bukan dengan cara buang-buang waktu, linuk, software lainnya pakai otak pakai disiplin ilmu kamu aja ngasih komentar pakai software windows dan pakai mozila dan semua itu di pikir cara buatnya. bicara jangan asal jeplak..... dasar belegug bin boloho

      Hapus
    6. Mungkin yang komeng d atas itu guru bahasa daerah kali y? Bisa komputer otodidak aja sombong banget.!!!

      Hapus
    7. Mungkin yang komeng d atas itu guru bahasa daerah kali y? Bisa komputer otodidak aja sombong banget.!!!

      Hapus
    8. Buat : Anonim13 Desember 2012 20:05
      Cuma Satu kalimat : DASAR LO GURU UDIK..taunya Teknologi informasi sebatas Office ama copy paste doank..!

      Hapus
    9. Yuh yang mau belajar hack, crack, inject sistem, yang mau jadi teroris bidang IT, sini...sini...sini... di sekoah gak bakal diajarin yang kaya gitu...

      Hapus
    10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    11. jangan bertengkar dewe, cak brow maju menghadap kemendikbut bersama-sama mungkin lebih baik kali y? lok bisa sih... kapan sih....! buat rencana n acara wes.. OK

      Hapus
  7. ijin copy ya bu. sumber tentu saya sertakan. :)

    BalasHapus
  8. kan masih bisa jadi mulok yang akan terintegral dengan semua pelajaran...

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalahnya jam mulok jg dibatasi... sedangkan sbk dan penjas jg masuk mulok,trs mulok yang lain ga kebagian jam.....

      Hapus
    2. saya setuju banget . kalo anak anak ga minat ikut TIK jadi ga usah di paksakan . pada akhirnya anak anak itu akan belajar TIK kalau pada waktunya .

      Hapus
  9. SAngat setuju sekali .....

    BalasHapus
  10. Harus dikaji ulang tentang perubahan kurikulum, jangan sampai di bawah yang jd korban

    BalasHapus
  11. Ini namanya perubahan kurikulum, bukan penyempurnaan kurikulum. Sudahkan pemerintah mengevaluasi kurikulum KTSP dengan seksama sehingga perlu diubah. Wajarkah kurikulum KTSP yang baru diterapkan kurang dari 10 tahun harus diganti dengan kurikulum baru.
    ada kejanggalan dengan perubahan kurikulum SMP, yiatu penghapusan TIK dan memasukkan Prakarya. Pertanyaan :
    1. Mengapa TIK dihapuskan ?
    Alasannya sudah TIK menjadi media dalam proses pembelajaran. Penggunaan TIK sebagai media pembelajaran itu adalah porsinya guru. sedangkan TIK sebagai mapel itukan porsinya siswa. jadi ngak nyambung deh alasannya.
    2. Apa alasannya memasukkan prakarya sebagai mapel baru?
    Prakarya sebenarnya kan bisa diintegrasikan pada mapel kesenian atau mapel lainnya. jadi tidak perlu sebagai mapel tersendiri.
    3. Akibat dari kebijakan tsb
    Berapa banyak guru TIK yang harus mereposisi keahliannya, berapa banyak waktu, tenaga dan biaya yang harus dikeluarkan untuk penyesuaian tsb, akankah prakarya dijadikan mapel bancakan yang diperebutkan guru yang kekurangan jam mengajar, ataukah memaksa guru TIK untuk mengajar prakarya, adakah jamiman pemerintah untuk tidak menghentikan tunjangan sertifikasi guru TIK yang sudah kehilangan jam mengajar karena kebijakan yang dikeluarkan, apakah anak didik dan guru akan tetap dijadikan kelinci percobaan dengan penggantian kurikulum, akan perlu lebih besar dana untuk pengadaan buku wajib. semoga perubahan kurikulum dilakukan dengan lebih bijak. mohon pertimbangan bapak menteri...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih siip jk hanya mapel UNAS sj di tambah PKN, Agama dan IPS sj

      Hapus
  12. apakah guru2 bidang lain bisa mengajarkan photoshop, atau corel draw, atau pengolahan angka (excel, tentang if dan lain sebagainya) kok tiba2 TIK dihilangkan, kalau hanya berbasis TIK (menggunakan LCD dan Power Point) elah dalah.... masak itu termasuk TIK...??? tolong dikaji lagi ya PAk Mentri yang terhormat.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul deh pak safar.....la wong gurunya saja kadang masih banyak yang belum faham mengoperasikan komputer,jangankan photoshop dan corel draw! microsoft excel dan microsoft wort aja bingung.....mungkin dikira pak menteri anak anak bisa sendiri TIK tanpa perlu dasar.....

      Hapus
    2. Betul banget pak, gurunya kalo ngetik soal masih berantakan... ha..ha...ha.., Guru TIK bukan hanya mengajakan bagaimana cara menggunakan OS atau Aplikasi tapi bagaimana cara mendidik siswa supaya bijak menggunakan teknologi, satu contoh bayangkan kalo meraka belajar sendiri internet bukan sisi positif dulu yang mereka lihat/ambil di situlah tugas Guru TIK untuk mengarahkan dan membina.

      Hapus
  13. Santai aja bapak/ibu guru TIK, nantinya guru TIK tidak akan mengajar dikelas tapi dijadikan konsultan guru mapel lain, TU dan siswa. Sehingga jml jam mengajarnya diperhitungkan seperti guru BK. Ruang LAB TIK dijadikan markasnya.Gimana pak menteri YTH? Saya yakin banyak guru TIK yg setuju.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ini sama sama pikiran saya.... setuju itu pakkkk

      Hapus
    2. saya juga si ikut setuju kangno kalau memang guru TIK dijadikan konsultan guru mapel lain,TU siswa,yang penting kan harus dipertimbangkan jam nya bukan hanya untuk pelarian aja...selama ini juga saya guru TIK sudah diperlakukan seperti itu...jadi konsultan juga .......

      Hapus
    3. SETUJU DI SEKALI TAMBAH DI POS SATPAM OKE.

      Hapus
    4. dilengkapi jasa pengetikan naskah

      Hapus
  14. indonesia itu hanya bisa gonta ganti kurikulum saja,,tanpa teruji.. liat malaysia yang meniru kurikulum dari indnesia tapi mereka konsisten..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bpk. menteri yang satu ini ingin jadi pahlawan kesiangan!!!! biasa cari muka

      Hapus
  15. Apa to untungnya kemendikbud mengapus TIK padahal peserta didik kalo diajar mapel TIK begitu antusias mereka beranggapan bahwa ini pelajaran menyenangkan dan dapat menghasilkan karya2 juga bagus untuk mempelajari cara email apapun sebagai bekal untuk sekolah di tingkat SMA/SMK ataupun kuliah, saya merasa mash sangat penting mapel TIK di ajarkan buat siswa SMP/MTs bagi generasi anak bangsa hingga 10.. 20... atau selamanya di Pendidikan Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. antusias ??? hahaha ngakak bro . kalo pelajaran TIK paling cuma INTERNETan . facebook.an . mending jadikan mulok . jadi hanya siswa yg ingin saja yg ikut TIK . karena jika siswa belajar sepenuh hati pasti hasilnya akan bagus . bila terpaksa akan sia sia om om

      Hapus
    2. to: Anonim10 Desember 2012 22.28
      komentarnya tidak berbobot. kayaknya situ kurang memahami dunia pendidikan. makanya komenya selalu negatif. insaf bung.....
      TIK ITU PELAJARAN YANG PENTING. alangkah sedihnya bila Pelajaran TIK ditiadakan.

      Hapus
    3. Setuju tdk hanya mapel TIK sj tp semua mapel non UN. biar tambah banyak pengangguran berpendidikan

      Hapus
  16. kepada guru" TIK perjuangkan nasib anda di http://kurikulum2013.kemdikbud.go.id/

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Kesannya sangat mudah untuk merombak/mengganti sebuah sistem termasuk sebuah sistem kurikulum.
    Seperti KTSP yang NB-nya dikembangkan dengan potensi serta kondisi satuan pendidikan ditiap daerah.
    Tetapi ternyata standar BSNP untuk mengevaluasi hasil akhir yang berupa UN dirasa kurang cocok dengan konsep KTSP itu sendiri karena tidak ada media uji pembeda antara sekolah berstatus terdaftar dengan SSN dan RSBI, soal UN standarnya sama. Apakah ini adil? Status satuan pendidikan yg masih terdaftar seperti sekolah swasta terlantar dan kurang prasarana serta parah lagi yang terdapat dipelosok negeri yang mana bukan hanya banyak yang belum kenal teknologi komputer dan IT, listrikpun tidak menjangkau kesana.
    Guru-guru masih banyak yang belum bisa lancar mengoperasikan komputer, e-mail pun banyak yang belum punya, lebih parah lagi masih banyak guru sertifikasi yang terjangkit TBC (Tidak Bisa Computer) .
    Sekarang mau diterapkan lagi kurikulum 2013 Tematik berbasis ICT, guru-guru TIK SMP dikemanakan juga masih belum jelas.
    Menurut saya, sebuah kebijakan yang cerdas dan bijak adalah dengan tidak asal mengganti atau merombak sebuah sistem, tetapi menganalisa kelemahan dan kegagalannya untuk diperbaiki.
    Apakah memang kita ini sudah benar-benar layak dan mampu menerapkan kurikulum tersebut sekarang?
    Akan lebih majukah kualitas Pendidikan Indonesia beberapa tahun kedepan dengan penerapan kurikulum ini? Atau hanya membuat kisruh serta memperburuk sistem pendidikan di negara kita tercinta ini?
    Untuk segenap stake holder yang menjadi korban dengan diberlakukannya kurikulum ini mohon bersabar saja. Ulah dan langkah manusia tidak seberapa, kan umur manusia didunia juga sebentar.
    Serahkan saja semua pada Tuhan YME, jangan dirisaukan. Semoga kita diberi jalan keluar yang terbaik.
    Kita doakan semoga keputusan Kemendiknas bukanlah keputusan yang salah, bukan untuk program coba-coba (“untuk Negara tercinta kok coba-coba”) dan Penerapan Kurikulum 2013 membawa dampak baik bagi sistem pendidikan di-Indonesia. amiiiin

    BalasHapus
  19. Kita beri judul "MENTERI ANEH-ANEH"

    BalasHapus
  20. Mata Pelajaran TIK dihapus ???
    Alasan Kenapa dihapus ???
    Pernah mengadakan kajian tidak ke seluruh aspek yang terlibat dalam pelajaran TIK ???
    Pelajaran TIK SMP selama ini adalah sasarannya siswa agar belajar tentang hardware perangkat TIK, sistem operasi, operasi ofice dan internet yang kesemuanya membantu guru mata pelajaran lain agar siswa dapat mengerjakan dan melaporkan tugas pelajarannya yang tentunya berbasis TIK.
    Jika Matpel TIK dihapus apakah siswa dapat mengeksplore semua pembelajaran dari Matpel lain yang berbasis TIK tanpa adanya kemampuan TIKnya. ???
    Lebih baik isi kurikulum TIKnya disempurnakan untuk mensupport pembelajaran berbasis IT.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mending jadiin mulok aja . soalnya kalo siswa belajarnya ga sepenuh hati jadi buang buang waktu pada akhirnya

      Hapus
  21. Bener2 sedih klo memang TIK dihapus/diintegrasikan ke mapel lain.kita yang blom dapt 24 jam aja masih bingung.apalgi hrus diintegrasikan?.terasa spt anak tiri saja...
    buat pak menteri,.pikirkanlah jalan keluar yang terbaik,jangan hapus mapel TIK !!!

    BalasHapus
  22. Pertanyaan yang samAa dgn teman2, guru dn siswa psti akan mengalami kesulitan dgn penghpsn mapel tik. Mapel yng tΐϑαƙ terintegari ajaaa, guru udh kesulitan buat silabus rpp nya..apalagi mapel yang udh terintegrasi..pasti guru2 bakal ngak pake silabus rpp tuh..ntr ngjrnya kaya paa deeh..klo kejadiannya kya gitu trus kpn kualitas pendidikan Βïśα meningkt..sdgkn guru itu adlh bagian dri sistem peningktn mutu pendidikan..sehrusnya mapel tik itu ditmbh jam ttm nya krn tik trmsk mapel eksakta, skrg koq mlh dihapuss..soal gutu tik sih ngak mslh krn bisa ªĵª dijadikn pegwai struktural. Cuman siswanya ini psti akan kesushn memahami tik krn udh ngak dipelajari lgi scra formal.

    BalasHapus
  23. seharusnya revisi saja SK KD TIK tersebut, sesuaikan dengan kebutuhan sekarang, bukan mapel nya yang dihapus

    BalasHapus
  24. ganti menteri ganti lagi kurikulum. kapan bangsa ini mau maju kalau dirubah2 terus...sebagus apapun sebuah draft kurikulum kalau metode mengajarnya sistem ceramah ya gak ada bedanya dengan kurikulum yang sudah2. ko bukan gurunya yah yang diberi pelatihaan2. biar metode megajarnya tambah baik. TIK di hapus? sungguh terlalu. saya guru TIK begitu besar manfaat yang di dapat oleh siswa...bahkan termasuk pelajaran favorit bagi siswa di sekolah saya. Kenapa harus dihapus? jangan beranggapan bahwa TIK yang diajarkan di sekolah SMP itu hanya tentang internet, tetapi juga word, excel kan? kalau sampai dihapus, MAKA Sungguh terlalu kata bang haji

    BalasHapus
  25. pak nuh satu ini mo menengelamkan orang..bukan kayak nabi nuh menyelamatkan orang...nuhhh....nuhhhh...ape nak jadi nuhh

    BalasHapus
  26. Indonesia....inilah Indonesia...negeri syurga yang dihuni para Iblis.Kalau bisa dipersulit kenapa harus dipermudah, wani piro.....ha...ha...ha....

    BalasHapus
  27. bapak mentri yang terhormat, saya tidak keberatan mapel TIK tidak ada lagi tapi tolong bapak pikirkan jika TIK diintegrasikan ke mapel yang lain bagaimana perhitungan jam mengajar kami ? Apa kami mengajar guru yang mapelnya terintegrasi dengan TIK atau kami masuk ke kelas bersama dengan guru tersebut ? Atau ada hal lain yang tidak kami ketahui, tolong diperjelas karena yang saya pelajari dengan adanya Penilaian Kinerja Guru yang akan berlaku januari depan itu sudah akan menyaring guru yang berkompenten lalu dikisruhkan dengan adanya perubahan kurikulum yang belum jelas ini, tolong Bapak.... menjabatlah dengan arif dan bijaksana jangan sampai bapak sengaja menaruh sebelah kaki bapak di neraka.... susah lho pak narik kembali.....

    BalasHapus
  28. wahai teman-teman huru TIK kita orang komputer yang tau tentang sofware dan hadware seorang IT punya trik tersendiri untuk mengobrak abrik kurikulum ini salam dari ( TEAMHECKERS )

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan mengorbankan yang lain, kita pusatkan aja sasaran tembak kita sama yang punya sensasi maniak.... M.Nuh, setuju gak...????

      Hapus
    2. setuju!!! aku masih punya banyak cadangan amunisi

      Hapus
    3. ditunggu aksi kalian, wahai hacker...

      Hapus
  29. zaman makin maju kon TIK di hapus harusnya ditingkatkan lagi..,kok menteri pikirannya pada mundur sih..emangya guru ips,guru yang lainya bisa ngajar anak fungsi logika, bisa ngajar adobe, etc..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nuh bikin sensasi dan menumbalkan banyak orang, terutama guru TIK. Enak yah jadi pemerintah, bisa seenaknya mempermainkan nasib manusia.......

      Hapus
  30. lebih baik menterinya aja di suruh mundur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ga mau mundur, kita geret paksa..... seenaknya mempermainkan nasib manusia, atau saya........

      Hapus
  31. pk. menteri, sebuah kebijakan/keputusan akan ada akbat yang ditimbulkan, pikirkan nasib ribuan bahkan jutaan guru tik yang akn kehilangan kerjaannya/jamnya, jangan main hapus aja, beri kompensasinya ya pk men..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pokoknya Nuh harus tanggung jawab, carikan solusi yang tidak merugikan siapapu jika ingin masih..........

      Hapus
    2. biar nanti di akhirat dia bikin sensasinya

      Hapus
  32. Pak Menteri yang terhormat, tolong dipikirkan 1000 kali lagi kalau mapel TIK dihapuskan, apa ini merupakan upaya untuk mensejahterakan guru atau menyengsarakan guru?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin sensasi pribadi lebih menggiurkan bagi pak Nuh.....

      Hapus
  33. Bagaimana nasib guru TIK se-Indonesia???
    komentar, kritik dan saran sudah banyak kita ungkapkan.
    kini kita hanya bsa berdo'a mudah2n pemimpin kita bisa lebih bijaksana dalam mengambil keputusan.
    Apakah keputusan kurikulum baru ini bisa mensejahterakan pendidikan di indonesia? atau malah membuat bertambahnya pengangguran di negeri tercinta ini?
    "Pemimpin yang bijak adalah pemimpin yang memikirkan nasib orang2 yang dipimpinnya."

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku sich hanya bisa bilang Sakitttttttttttttttttt, dan kecewa terhadap kepemimpinan orang satu ini

      Hapus
    2. salah mengambil kebijakan tentang perubahan kurikulum membuat guru mapel tik dan mahasiswa yg sedang kuliah di jurusan pend. TIK resah , kecewa , ... pada era teknologi yg semakin maju sebaik dan seharusnya meningkatkan kualitas pendidikan berbasis IT bukannya menghapus TIK dalam kurikulum ... bagaimana anak bangsa mau maju ,,, ok lh dikota sdh tau tntng TIK tapi tuh dipelosok2 gaptek ... pendidikan tak merata ,,, kasian

      Hapus
  34. Waktu Pak M.Nuh Sekolah mungkin tidak ada pelajaran TIK, dan tidak pernah mendapatkan pelajaran TIK..... sehingga dia tidak mengerti pentingnya TIK bagi siswa.

    BalasHapus
  35. hambuh, klo dah jadi orang gedhe, lupa ma rakyatnya....

    tu buktinya, jakarta mau di jadikan kolam raksasa oleh sang penciptaNYA

    BalasHapus
  36. Gmn nasib mahasiswa seperti saya yg menempuh jurusan Pendidikan TI :(

    BalasHapus
  37. janganlah kalian mengiba, mencela, dan merasa kecewa kepada bpk menteri kini. lebih baik kita doakan bersama agar Bpk menteri meninggal sebelum diberlakukannya kurikulum ini. dengan demikian akan ada menteri baru dan kebijakan baru! HIDUP TIK... HIDUP TIK

    BalasHapus
  38. Dengan adanya penghapusan TIK, maka justru siswa belajar tentang TIK di luar yang tidak terkontrol/siswa tidak diarahkan secara positif tentang manfaat dan dampak negatif penggunaan TIK.
    Semoga Mendikbud meninjau kembali keputusannya yang sepihak.
    (ali imron, guru TIK Mts Isthifaiyah Nahdliyah, Pekalongan)

    BalasHapus
  39. Mengapa mutu pendidikan Finlandia terbaik di dunia?
    Sistem pendidikan Finlandia adalah yang terbaik di dunia. Rekor prestasi belajar siswa yang terbaik di negara-negara OECD dan di dunia dalam membaca, matematika, dan sains dicapai para siswa Finlandia dalam tes PISA. Amerika Serikat dan Eropa, seluruh dunia gempar.


    http://sbelen.wordpress.com/2011/08/08/mengapa-mutu-pendidikan-finlandia-terbaik-di-dunia/

    BalasHapus
  40. Itulah Indonesia
    selalu kontroversial dalam menelorkan kebijakaan
    mari bergabung guru TIK seluruh INDONESIA.................kita doakan Mendiknas
    supaya diberikan kesehatan dan panjang umurnya....amin

    BalasHapus
  41. tidak apa di hapus, kalau bisa di hapus semua mapel, tapi gaji jalan terus

    BalasHapus
  42. Seingat ogut M.Nuh itu pernah menjabat Menteri KomInfo?walah skrang malah mau menghapus Mapel TIK dr kurikulum,,apa nya nih yg keliru,,,

    BalasHapus
  43. Itu cara Moratorium gaib pemerintah, Jadi cara inilah yang paling ampuh, Pemerintah pusat nga pernah memikirkan bagaimana dengan guru yang sudah 15 tahun lebih mengabdi mengajar, bagi yang sudah PNS nga ada masalah. Bagi yang honorer....? masalah booo

    Ya kalau sekolah masih mau make, kalo nga.... ya udah nganggur sementara umur udah makin tua, modal nga ada.... boro-boro modal buat makan aja susah. Saya berharap, kawa-kawan mengadu saja ke LSM atau MK, perjuangkan mendapat pesangon dari pemerintah apabila di PHP.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo mau di PHP ya lewat HTML dulu.. kelar nanti dapat pesangon dari ajax.. cius

      Hapus
  44. saya lebih cenderung drpd dihapus mending dialihkan menjadi mapel muatan lokal.... kasian mahadiswa jur pend tik sekarang gulung tikar! pdhal dulu pend tik banyak peminatnya. sy pikir para pemikir kurikulum ini blm tau manfaat dr peljrn tik .... jd mereka merasa enteng memutuskan kebijakan

    BalasHapus
  45. Sistem yang bermasalah.. maka buah kebijakannya pun membawa masalah...

    BalasHapus
  46. hidup PROYEK, nanti orang kemendiknas pada naik Haji BERJAMAAH :)

    BalasHapus
  47. Pemerintah sekarang itu bukan mencerdaskan kehidupa n bangsa, tp gmna cara nya membuat bangsa ini lebih bodoh, sehingga mudah dikendalikan dan dibodohi.
    Perhatikan semua kebijakan disemua bidang, bukannya hanya dipendidikan. semua malah merugikan.
    karena pemerintah sekarang itu adalah tangan-tangan Iluminasi dan Freemasory. sadar atau tidak sadar.

    BalasHapus
  48. Waduh, pada percaya diri, padahal pak menteri dan stafnya nggak mau baca tulisan-tulisan di atas. jangankan tulisan tersebut, komentar dan usul di uji publik saja nggak di baca apalagi ditanggapi "hanya formalitas saja"

    BalasHapus
  49. Kurikulum 2013 diresmikan....? Menteri pendidikan di pecat! SBY di tipu tuh ma mendiknas masalah ujian nasional yang katanya hasilnya baik..... padahal ancur.... bukan kurikulum yang harus di ganti tapi sistem pendidikannya yang harus di ganti.

    BalasHapus
  50. Ada sedikit info menurut salah satu ketua MGMP Kotamadya di Jakarta berikut ini penjelasannya :
    1. Saat ini sedang mengusahakan rencana pertemuan dengan dinas terkait tentang mata pelajaran pengganti TIK yang di Usulkan adalah Bidang Studi Literatur Multimedia TIK ( Yang jadi masalah belum ada silabusnya )
    2. Untuk Kelas X dan XI tetap masih ada mata pelajaran TIK (untuk 2 tahun kedepan)dalam artian kelas X yang baru nanti tidak ada mata pelajaran TIK.
    3. Usulan penghapusan TIK adalah Pusat Kurikulum dengan alasan sama seperti Mendikbud kemukakan.

    Demikian sedikit info tersebut mudah-mudahan bermanfaat / untuk konfirmasi sebaiknya menghubungi masing-masing ketua MGMP Wilayahnya biar informasinya lebih akurat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, atas infonya. Apa yang bersangkutan (Ketua MGP) bisa dihubungi? Kalau ada no. telp, akan sy kontak untuk mmperoleh info lbh utuh.

      Salam persahabatan

      Hapus
    2. Maaf ibu saya tidak bisa memberi no kontak ketua MGMP, biasanya di sekolah ada no telpon MGMP masing-masing bidang studi.

      Hapus
    3. Oh iya, gpp. Kalau ada info tambahan terkini trkait mapel TIK, bisa diberitahu ke saya ya... untuk dimuat mjd berita. Masalah mapel TIK ini sgt bnyk menyita perhatian rekan2 guru, dan banyk tanya ke saya. Ini, tak lain sbg bagian kepedulian thdp perjuangan teman2 semua.

      Apa bisa sy dptkan, identitas anda? via email?

      Terima kasih, srie5@ymail.com

      Hapus
  51. waduhhhhhhhhhh ... saya sdng menjalani kuliah jurusan pendidikan TIK bagaimana ini? kecewa ... kebijakan yg salah dan mengorbankan rakyat ... alasan yg sangat simple utk menghapus mapel TIK ...

    BalasHapus
  52. Sedikit info tentang nasib guru TIK menjelang diberlakukannya kurikulum 2013. Guru TIK tidak akan dirugikan apalagi dikecewakan. Tetap akan diperhatikan nasibnya dengan tetap memberdayakan para guru TIK dalam sebuah wadah yang akan dibentuk disetiap sekolah yaitu Pusat Tekhnologi Pedidikan. Namun sertifikasinya masih dipikirkan. Yang jelas guru TIK nanti tidak akan nganggur.

    http://krjogja.com/read/165229/guru-tik-tetap-berperan-dalam-kurikulum-2013.kr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pa Hairuddin, terima kasih atas informasinya.

      Salam persahabatan

      Hapus
  53. Voting saja sama murid se-Indonesia kalau pelajaran TIK di hapus setuju ndak.....

    BalasHapus
  54. Kalau memang TIK ataupun istilah KKPI pada smk ada peluang untuk masuk pada muatan lokal silakan saja, asalkan tunjangan sertifikasinya tidak hilang. kalau hanya berpindah tempat dari adaptif ke muatan lokal sih sah-sah saja. yang penting bagi kami untuk mapel TIK atau KKPI tidak dihapus selama tunjangan yg selama ini kami terima juga tidak dihilangkan. setuju ...wahai teman2 guru TIK & KKPI.

    BalasHapus
  55. Guru TIK akan dijadikan sebagai konsultan TIK untuk membuat media pembelajaran bagi guru2 mapel lain. Kalo seandainya guru TIK mogok, gimana ya nasib guru mapel lain dalam membuat media pembelajaran ???? mslhnya klo qt lihat z kmrin waktu UKG, bnyk guru mapel lain diluar TIK pegang mouse z bingung... heu heu heu...

    BalasHapus
  56. saya setuju kalo tik dihapus asal ada kompensasi yang sesuai atas hak2nya (guru TIK) dan tidak merepotkan.. setidaknya khusus untuk guru2 TIK dipermudah urusannya (enak kali ya... he he) misalnya boleh ngajar apa aja asal 24jam tapi masih tetap dapat tunjangan sertifikasi (boleh dong menghayal.. sekedar menghibur diri).. hal ini sudah saya tanyakan ke dinas dikpora jepara (saya guru TIK PNS pemkab Jepara), mau tahu jawabannya.. ga mungkin ga mungkin semua itu terjadi (slanker tahu lagunya), kesimpulannya pejabat dinas dikpora jepara adalah SLANKER SEJATI.. salam SLANKER.. salam buat semua guru TIK sedunia akhirat..

    BalasHapus
  57. BUAT SEMUANYA BERALIH SAJA JADI PENGUSAHA KOMPUTER KECIL2AN

    BalasHapus
  58. Padahal Si Nuh ini mantan Rektor ITS yg selalu mengedepankan teknologi, saya harap bukan krn bpk dah melek teknologi maka pelajaran IT sdh tdk diperlukan lagi. Dan saya harap jg bukan krn ketidakmampuan NEGARA menyediakan Prasarana TIK di sekolah...... jangankan di pelosok di jakarta saja banyak kok sekolah negri yg fasilitas TIK nya MEMBLE..............., Semoga Karir NUH ini cukup sampai disini atau dipecat saja.............

    BalasHapus
  59. pak menteri tolong pikirkan lg jgn asal hapus aj

    BalasHapus
  60. saya guru penjas jgn asal bikin keputusan
    klo saya bikin keputusan ya saya asal aja klo gtu

    BalasHapus
  61. https://www.youtube.com/watch?v=xHcR-pt2UP4

    BalasHapus
  62. ya ini contoh cara kerja pemerintah kita. bisanya tetapkan kebijakan tapi tidak menyelesaikan persoaalan

    BalasHapus
  63. Artikel yang bagus. Terima kasih atas info yang diberikan. Mudah dipahami dengan pemilihan kata yang ringan.
    Saya memiliki link yang mungkin berguna untuk menambah referensi tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi.
    Silahkan dikunjungi. Prosiding KOMMIT TIK

    BalasHapus
  64. Kita tidak ush rbut tw resah gimana...orang it dk ada sjrahx khbisan akal,ibarat mobil,, it adalah msinx.jd pns it jgn kcil hati ... smua aktfts orng skrng jls mnggunakan it ..cra paling dsar krim data pke emai aktifits kntor pke kmptr print.. itu smuadasr it
    intrnt. Sklian ja kita ttup smua artikl it biar semua pada buta perkmbngan modern.. satu pesan saya jngn prnh mengajar ilmu it kpd non it.. ttup hack jaringan..rusak kompuer .

    BalasHapus
  65. Bijaksana. Informasinya bagus

    BalasHapus
  66. hello, salam kenal . postinganya bagus koh ..

    http://st3telkom.ac.id/

    BalasHapus