Kamis, 06 Desember 2012

6 Alasan Koalisi Pendidikan Tolak Kurikulum 2013


Koalisi Pendidikan tolak kurikulum 2013
Srie, -  Agaknya masih banyak pihak yang kurang setuju mengenai rencana pemerintah yang akan memberlakukan kurikulum baru mulai tahun depan. Sebelumnya, Panitia Kerja (Panja)Kurikulum Komisi X DPR RI secara bulat meminta pemerintah menunda pelaksanaankuirkulum baru pada tahun 2013.

Sementara kemarin, sejumlah tokoh yang tergabung dalam Koalisi Pendidikan, seperti praktisi pendidikan, orangtua murid, pegiat Indonesia Corruption Watch (ICW), Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) dan Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) secara tegas menyatakan penolakan atas kurikulum 2013.
"Kami akan buat petisi untuk masalah kurikulum ini. Kami menolak keras perubahan ini dan sebaiknya ditunda," kata Lody Paat, pengamat pendidikan dari Unicersitas Negeri Jakarta (UNJ), saat jumpa pers di Kantor ICW, Jalan Kalibata Timur, Jakarta, Rabu (5/12/), seperti diberitakan oleh Kompas.com.
Dalam jumpa pers tersebut terungkap enam alasan mengapa Koalisi Pendidikan menolak secara tegas Kurikulum 2013. Pertama, mereka menilai alasan yang disampaikan oleh Kemdikbud mengenai perlunya perombakan kurikulum dianggap tidak jelas dan tidak dapat diterima.
Kedua, perubahan kurikulum dilakukan secara reaktif, dan terkesan tergesa-gesa sehingga tidak memperlihatkan adanya visi pendidikan yang jelas. Ketiga, perubahan kurikulum tidak didahului oleh riset dan evaluasi yang sungguh-sungguh atas kurikulum saat ini, yakni KTSP.
Keempat, proses perubahan kurikulum tidak melibatkan unsur guru yang menjadi ujung tombak pelaksanaan kurikulum, termasuk didalamnya tidak diikutsertakannya para pakar pedagogik dalam menyusun rancangan kurikulum baru tersebut.
Kelima, perubahan kurikulum sangat terkesan dipaksakan dan asal-asalan, sehingga amat mungkin para guru yang akan menjadi korban dari kebijakan yang terburu-buru ini. Dan keenam, perubahan kurikulum hanya menguntungkan pihak penerbit buku, sebaliknya akan merugikan orangtua murid yang harus membeli buku baru akibat pergantian kurikulum.
Atas dasar enam alasan di atas, mereka dengan tegas menolak kurikulum 2013. Seorang juru  bicara Koalisi, Romo Benny Sutrisno kembali menegaskan penolakan tersebut pada akhir jumpa pers.
“Kami sepakat  menolak perubahan kurikulum pendidikan KTSP 2006 menjadi Kurikulum 2013,'' tegas Romo Benny. *** [Srie]

15 komentar:

  1. saya setuju dengan koalisi yang menolak kurikulum 2013. maju terus Romo......

    BalasHapus
  2. sy juga setuju...kurikulum 2013 hanya mengebiri guru dan dunia pendidikan.

    BalasHapus
  3. sangat dan sangatttttttt setuju, tp klo sy knapa hrs di tunda hrs ada ketegasan bahwa kurikulum baru 2013 terlalu singkat bahkan akan merugikan terutama guru2 dan tdk perlu ditinjau ke lapangan apa cocok diterapkan dgn hsl yg hrapkan? bg sy NOL...ataukah dari kurikulum KTSP bisa ditinjau ulang mana yang cocok dan mana yang harus dilepas sehingga muncullah kurikulum baru, tp maaf harus penelitian dimulai dari daerah terpencil kemudian kecamatan yang minim fasilitas trus ke kota2 kabupaten dgn catatan bahwa kota propinsi pasti siap2 saja krn disitulah pusat dari segala kegiatan terutama ICTnya sangat memuaskan...sayang klo TIK sebagai jembatan atau alat vital pelajaran untuk semua mata pelajaran malah di tiadakan...kapan siswa bisa mengenal soal Software dan Hardware jika tdk ada pengenalan sejak dini..kapan majunya anak pedesaan?

    BalasHapus
  4. kurikulm 2013 sangat kejam bagi guru dan tidak py dasar untuk terapkan krn hanya menguntungkan sepihak saja...kami guru terutama guru tik sangat menolak...

    BalasHapus
  5. Terimakasih sudah berbagi informasi.

    BalasHapus
  6. informasi yang sangat membantu kita semua, lanjutkan ya...
    posting yang lainnya juga..

    BalasHapus
  7. Terima Kasih ya gan atas informasinya yang sangat bermanfaat banget buat saya :)

    BalasHapus
  8. makasih info nya sukses selalu yah....
    sangat berguna banget info nya khusus nya bagi saya dan masyarakat banyak yang membaca thnks yah...

    BalasHapus
  9. thnks infonya berguna banget nich...
    sukses selalu yah.

    BalasHapus
  10. Infonya bagus lho gan... makasih banget nih.

    BalasHapus
  11. senang bisa berkunjung ke website ini, terima kasih sudah berbagi informasi kepada kami ,

    BalasHapus
  12. Thank pisan untuk infonya,sangat menarik untuk di simak.

    BalasHapus
  13. Senangnya baca informasi ini, sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  14. terima kasih atas ulasan artikelnya yang sangat menarik sekali gan....ditunggu info selanjutnya....

    BalasHapus
  15. Terimakasih atas informasinya

    BalasHapus