Sabtu, 22 Desember 2012

Blog Srie Berusia 2 Tahun (Bagian 2): Berkembang Menjadi BIO Edukasi


Srie, - Inilah yang mengantarkan Blog Srie seolah terlahir kembali, dengan semangat menjadikan Blog berisi berita, informasi dan opini terkait dengan masalah-masalah pendidikan dalam pengertian yang luas.
Sejak awal Desember lalu, Blog Srie tampil dengan tagline baru, yakni Berita dan Opini Edukasi, atau lebih tepatnya adalah Blog yang memuat tentang Berita, Informasi dan Opini (BIO) Edukasi.
Tentu, Blog ini bukanlah mengacu sepenuhnya pada jenis situs atau portal berita pada umumnya. Sesuatu yang hampir tidak mungkin dapat dilakukan dengan kondisi seperti ini.
Akan tetapi, setidaknya Blog ini dapat menyediakan informasi, baik secara substansi maupun terkini yang relevan bagi kepentingan pengembangan pendidikan dalam arti yang luas. Baik menyangkut pendidikan sekolah maupun pendidikan masyarakat.
Informasi terkini amat diperlukan untuk memberikan ruang waktu atau konteks kekinian atas suatu pokok masalah yang sebenarnya masalah lama. Hal ini penting, terutama agar bacaan atas tulisan yang lebih lama menjadi lebih menarik kembali.
Sementara itu, meski Blog ini fokus pada edukasi, namun tidak menafikkan tulisan-tulisan yang agak bertemakan lain, seperti masalah politik, ekonomi, hukum dan lain-lain. Mengapa tema-tema lain ini penting? Tak lain, agar pemahaman atas masalah-masalah edukasi menjadi lebih utuh dan menyeluruh.
Pemahaman atas tema-tema di luar edukasi, diusahakan akan dipilih yang memiliki kaitan dengan masalah pengembangan pendidikan. Hal ini perlu dilakukan agar para pelaku pendidikan dapat memiliki konstruksi pemikiran yang lebih utuh, baik dalam konteks permasalahan secara umum maupun gambaran kekinian yang melingkupi permasalahan tersebut.

Akan tetapi, tentu saja, tema-tema di luar masalah edukasi akan tetap berfungsi sebagai tambahan atau kompelementatif atas tema-tema utama mengenai pendidikan. Gambaran umum atas suatu masalah kemasyarakatan atau kebangsaan itu penting, namun semuanya itu hanya untuk mendapatkan gambaran mengenai masalah pendidikan yang lebih jelas dan fokus dapat tertulis dengan lebih baik di Blog ini.
Meski tidak aktual dan tidak populer, sejumlah informasi lainyang penting dan relevan untuk pengembangan pendidikan tetap akan dimuat di Blog ini. Misalnya, informasi terkait dengan regulasi yang terkait dengan pendidikan, informasi mengenai dokumen, konsep dasar, teori dan lain-lain yang terkait dengan pembelajaran, pendidikan masyarakat, pembentukan karakter, dan lain-lain.
Dibaca 110 Ribu Kali
Lantas, bagaimana kira-kira tanggapan dari pembaca Blog? Secara umum, dari waktu ke waktu, Blog Srie dapat dikatakan telah mengalami peningkatan yng cukup berarti. Blog ini telah mengalami pasang surut kuantitas, intensitas maupun kualitas posting tulisan, yang berdampak pula pada kehadiran pengunjung atau tingkat keterbacaan.
Hingga di usianya yang kedua tahun, Blog Srie telah memposting tulisan sebanyak 610 tulisan dengan beragam tema dan jenis tulisan. Dari catatan Blogger dan Histat, dapat diketahui bahwa total tulisan di Blog telah dibaca sebanyak 110.332 kali, oleh total pengunjung lebih dari 36.000 orang.
Tentu, ini adalah angka yang sangat kecil sekali untuk sebuah Blog yang dianggap relatif bagus dari segi trafik pembaca. Rata-rata harian pengunjung untuk tiga bulan terakhir adalah di atas 250 orang per hari, dengan angka tertinggi mencapai 535 orang sehari. Sementara itu, jumlah keterbacaan (pageview) rata-rata harian dalam tiga bulan terakhir adalah 600-an per hari, dengan angka tertinggi mencapai 2.800 bacaan sehari.
Berdasarkan Alexa, Blog Srie sempat menempati peringkat terbaik (dunia) pada angka 4.500.000 (alamat lama), kini masih di angka 4.672.441 terus menuju ke angka yang lebih kecil sejak perubahan alamat Blog. Sementara itu, untuk level Indonesia, Blog ini sempat menempati posisi terbaik pada angka 59.220 pada saat terakhir ini.
Untuk Pagrank, Blog ini pernah memperoleh angka 2 (alamat lama) untuk beberapa saat lamanya pada waktu akhir 2011 dan awal 2012. Namun, saat ini Pagerank masih memberikan angka 0 sejak Blog ini berganti alamat baru.
Alamat baru
Catatan lain mengenai Blog Srie, di antaranya adalah perubahan nama alamat blog yang terjadi tiga kali. Yakni, semula beralamatkan sriendangs.blogspot.com yang cuma bertahan selama dua minggu. Kemudian, berganti alamat menjadi blogguru-srie.blogspot.com hingga awal September 2012. Terakhir, sejak 6 September 2012, Blog Srie berganti alamat menjadi www.srie.org hingga sekarang.
Perubahan nama yang terakhir seiring dengan perubahan bentuk format, visi dan misi blog yang hendak mengintegrasikan semangat idealisme penulis dengan realitas di dunia maya. Termasuk, upaya untuk memanfaatkan media sosial sebagai bagian yang terintegrasi dalam pengembangan Blog.
Terus Dikembangkan
Secara bertahap, tampilan blog dan konten blog akan terus dikembangkan. Saat ini, penulis menganggap belum separuhnya bentuk dan isi Blog sesuai dengan apa yang dikehendaki saat ini.
Oleh karena itu, sejak awal Nopember, meski masih sangat terbatas, penulis melibatkan beberapa orang untuk ikut membantu dalam pengembangan dan pengelolaan Blog ini.
Pengembangan Blog juga dilakukan dengan perubahan logo dan icon blog yang tidak lagi menempatkan foto penulis. Kini, icon baru Blog Srie berupa hurup S yang merupakan huruf awal dari nama Srie.
Sementara itu, logo Blog disesuaikan dengan visi dan misi blog yang baru, yakni Blog Berita dan Opini Edukasi.
Perubahan logo dan icon dilakukan sebagai bagian dari tahapan perubahan image dari Blog yang semula amat personal menjadi blog yang lebih bersifat umum dan lebih dapat diterima oleh publik pembaca online.
Hal ini seiring dengan rencana ke depan, dimana Blog ini akan dikelola dengan manajemen yang secara lebih baik, khususnya mengurangi ketergantungan teknikal secara personal pada penulis.

Perubahan semuanya itu dilakukan pula seiring dengan pengembangan kegiatan di luar online, khususnya dalam pengembangan lembaga SRIE (Sri Rachman Institute for Education).
Itulah kilas “sejarah” Blog Srie dalam kurun waktu 2 tahun. Dua hal yang ingin dikatakan, yakni pertama adalah permohonan maaf atas segala kekurangan yang masih banyak melekat di Blog ini.
Kedua, tentu saja ucapan terima kasih atas para pembaca yang telah memotivasi penulis untuk terus mengembangkan Blog ini.
Permohonan maaf dan ucapan terima kasih, dari seorang blogger awam dan pemula yang memulai aktivitas blogging atas dasar latar belakang dan pengetahuan yang nol sama sekali.
Bertepatan dengan hari ibu, selamat untuk para kaum ibu yang mulia dan berbahagia. *** [Srie]
Salam persahabatan
Srie

Catatan : Tulisan terkait sebelumnya Klik di sini




1 komentar:

  1. Wah..wah...wah.... kagum n salut dah, benar-benar hebbat kesungguhan dan keuletan bu srie dalam tulis menulis. ni, baru guru masa kini. Tidak smua guru bisa menulis di blog alias blogger. contohnya aku... bikin blog cuma bisa bikin blonya doang tapi tak bisa bloging or ngeblog yang cantik kaya SRIE. hehe.... ma...lu...tapi mau lho. Papatahan atuh deuh...!

    BalasHapus