Sabtu, 22 Desember 2012

Inilah, Para Juara di SMPN 1 Kalimanggis


Srie, - Usai sudah proses pembelajaran pada semester ganjil di SMPN 1 Kalimanggis – Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Pada tanggal 10-13 Desember lalu telah dilakukan ujian  akhir semester (UAS).
Selanjutnya, pada hari Sabtu (22/12), sekolah telah membagikan seluruh rapor siswa. Mulai pekan depan, sekolah telah memasuki libur panjang semester ganjil. Siswa masuk kembali untuk belajar pada semester genap, mulai 10 Januari 2013.
Dalam pesannya, Kepala Sekolah SMPN 1 Kalimanggis, Pak Wijaya, SPd. MSi berharap agar siswa memanfaatkan waktu libur sebaik-baiknya dengan beragam kegiatan yang positif.
Ia berharap pula, agar pada saat nanti masuk kembali, pada awal tahun depan, para siswa telah berada pada kondisi fisik dan mental yang siap kembali untuk belajar.
“Silakan berlibur, menghilangkan kejenuhan rutinitas. Tapi, tolong berlibur yang positif. Jangan lakukan hal-hal yang tidak berguna bagi diri sendiri, apalagi berdampak negatif bagi kalian. Karena, awal tahun depan, kalian akan masuk sekolah kembali,” ujar Kepala Sekolah.

Pembagian rapor dilakukan secara bersamaan di lapangan basket sekolah yang dihadiri oleh seluruh siswa dan guru. Bersamaan dengan itu, Wakasek II Kurikulum, Pak Diding Suandi, S.Pd. mengumumkan daftar nama-nama siswa yang menjadi juara pada masing-masing kelas. 
Para siswa yang namanya menjadi juara diminta untuk tampil ke depan. Mereka memperoleh hadiah dari sekolah, berupa buku dan alat tulis, yang diberikan oleh masing-masing guru walikelasnya. 
Lantas, siapakah mereka yang memperoleh gelar juara pada semester ganjil tahun ini? Pada acara penyerahan rapor itu, Pak Diding menyebutkan nama-nama siswa yang menjadi juara 1, 2 dan 3 pada masing-masing kelas yang seluruhnya berjumlah 18 kelas untuk kelas VII, VIII, dan IX.
Untuk kelas VII A, misalnya, juara 1 diraih oleh Yayang Muliawati dengan jumlah nilai 973 atau rata-rata 81,08. Juara kedua pada kelas yang sama dipegang oleh Ahmad Muhlisin dengan jumlah nilai 971 dan rata-rata 80,92. Sedangkan juara ketiga disabet oleh Rika Siti Nurhayati dengan jumlah nilai 955 atau rata-rata 79,58.
Untuk nama-nama siswa yang menjadi juara untuk tiap kelas dapat dilihat pada lampiran daftar peringkat kelas di bawah ini yang dapat diunduh secara langsung.
Juara Kelas Paralel
Selain nama-nama juara kelas, diumumkan pula tiga nama yang menjadi juara pertama pada masing-masing kelas paralel. 
Untuk seluruh kelas VII yang berjumlah 6 kelas paralel, juara pertama diraih oleh siswa bernama Endah (Kelas VII C), dengan jumlah nilai 1.000 atau rata-rata 83,33.
Kelas VIII dengan jumlah kelas paralel yang sama, juara pertama diraih oleh Ryzki Milennia C. (Kelas VIII D) dengan jumlah nilai 1.046 atau rata-rata 87,25.
Sedangkan untuk kelas IX yang seluruhnya berjumlah 6 kelas paralel juga, diraih oleh siswa bernama Esi Triani (Kelas IX C) dengan jumlah nilai 1.063 atau rata-rata 88,60.
Dari biodata yang ada, Endah merupakan anak ke-6 (bungsu) dari pasangan orang tua bernama Sanu dan Wari.
Rizky, siswi yang juga sempat meraih juara 1 pada kelas VII, setahun lalu, adalah anak sulung dari dua anak pasangan orang tua bernama Hasan S. dan Eli Rohaeli.
Sedangkan Esi Triani adalah anak pertama dari dua anak pasangan orang tua bernama Uus Lesmana dan Nani Rohani.
Perempuan Dominan Juara
Hal yang menarik adalah dari jumlah nama-nama siswa yang menjadi juara 1,2 dan 3 pada masing-masing kelas yang seluruhnya berjumlah 18 kelas, ternyata didominasi oleh kaum perempuan.
Dari seluruh 48 nama siswa juara, 43 (89,6%) nama juara tiap kelas adalah perempuan, sedangkan sisanya hanya menempatkan 5  (10,4%) nama siswa laki-laki.
Kelima nama siswa laki-laki yang berhasil meraih juara itu adalah Ahmad Muchlisin (Juara 2 Kelas VIIA), Rudianto Irawan (Juara 2 Kelas VII C), Rian Wiranto (Juara 3 Kelas VIII B), Okki Permana (Juara 2 Kelas IX B) dan Moh. Aufa (Juara 2 Kelas IX C).
Artinya, dari seluruh 18 kelas di SMPN 1 Kalimanggis, tidak ada satu pun siswa laki-laki yang menyabet gelar juara 1 di kelasnya masing-masing. Seluruh juara 1 pada tiap-tiap kelas dipegang oleh para siswi, dari kaum perempuan.
Saat ini, jumlah seluruh siswa di SMPN 1 Kalimanggis adalah 660 siswa dengan perbandingan jumlah siswa laki-laki dan siswa perempuan yang hampir seimbang.
Jumlah siswa laki-laki sedikit lebih banyak, yaitu 332 anak, dibandingkan dengan jumlah siswa perempuan yang sebanyak 328 anak.

Selamat ya, para juara. Semoga kalian makin bersemangat untuk lebih rajin belajar lagi, sekaligus dapat memotivasi teman-temannya yang lain untuk rajin belajar juga.
Ayo bersaing secara sehat untuk menjadi sang juara pada tahun depan! *** [Srie]


Daftar Ranking Smpn Kalimanggis -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar