Kamis, 03 Januari 2013

Pernah Diajak Ikut Umroh Murah ala MLM? Baca Dulu!


Srie, - Pernah menerima tawaran atau ajakan dari seorang teman, kenalan atau saudara dekat untuk ikut program haji dan umroh melalui sistem multilevel marketing (MLM)? 
Bila memang pernah ada ajakan seperti itu, maka sebaiknya tidak usah ditanggapi atau apalagi diikuti. Mengapa?
Saat ini, pihak Kementerian Agama (Kemenag) masih terus menertibkan keberadaan perusahaan penyelenggara ibadah Haji dan Umroh melalui program MLM. 
Bahkan, saat ini Kemenag akan menjatuhkan sanksi kepada dua perusahaan yang menyelenggarakan program MLM Haji dan Umroh tersebut.
Sanksi ini akan diberikan kepada PT. Arminareka Perdana dan PT. MPM, setelah beberapa waktu sebelumnya, sertifikat penyelenggaraan ibadah Haji dan Umroh kedua perusahaan tersebut telah dicabut oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).  
Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag, Anggito Abimanyu, mengatakan, sanksi untuk kedua perusahaan penyelenggara Haji dan Umroh MLM ini masih terus dibahas dan belum diputuskan.
"Ya, kita akan tindak dengan mencabut penyelenggara MLM haji dan umrah yang terbukti melanggar aturan termasuk PIHK nakal lainnya," kata Anggito, di Jakarta, Rabu (19/12), sebagaimana dikutip dari sini.
Menurut Anggito, pihak Kemenag hanya dapat mencabut izin, sedangkan proses hukumnya akan diserahkan kepada kepolisian. Ia memperkirakan, saat ini ada sekitar ratusan ribu orang yang sudah terlanjur mendaftar dan mengikuti program MLM Haji dan Umroh ini. 
Selanjutnya, ia meminta masyarakat yang belum terlanjur mendaftarkan diri untuk tidak tergiur oleh iming-iming penawaran program Haji dan Umroh yang berbiaya sangat murah itu.
Lantas, bagaimana bila ada orang yang sudah terlanjur mendaftar dan telah menyetorkan uang MLM? Anggito menghimbau mereka untuk tidak perlu khawatir. Katanya, pemerintah akan mengupayakan pengembalian uang yang telah disetor itu dengan melakukan koordinasi dengan Bank Indonesia.
“Kami akan melakukan pendataan agar dana jamaah yang telah disetor ke MLM Haji dan Umroh dapat terselamatkan,” tandasnya.
Sementara itu, Sekjen Kemenag, Bahrul Hayat mengatakan, mekanisme MLM tidak sesuai dengan UU No. 13 Tahun 2008 tentang penyelenggaraan ibadah haji. Dikatakannya, UU itu mengatur haji sebagai kewajiban bagi mereka yang mampu.
“Mampu bisa ditafsirkan, bisa mampu secara fisik maupun financial,” ujar Bahrul, sebagaimana diberitakan di sini.
Menurut Bahrul, penyelenggaraan Haji dan Umroh melalui mekanisme MLM tidak dapat dibenarkan. Alasannya, karena mekanisme seperti ini memberangkatkan seseorang ke tanah suci dengan cara berhutang ke downline atau orang yang berada di lapisan bawahnya. Dengan kata lain, cara ini menunjukkan ketidakmampuan finansial seseorang untuk berangkat haji atau umroh.
Terkait dengan adanya pihak yang merasa telah dirugikan oleh kegiatan MLM Haji dan Umroh ini, Bahrul mempersilakan masyarakat untuk membawanya ke ranah hukum.
"Terkait delik aduan calon jemaah haji, itu menjadi bagian kepolisian," ujarnya.
Cukup 3,5 Juta, Bisa Umroh
Dalam catatan Blog Srie, program MLM Haji dan Umroh ini telah cukup banyak menarik minat masyarakat. Karena, dalam penawarannya, perusahaan MLM ini cukup mensyaratkan seseorang yang berminat untuk menyetor uang sekitar Rp 2,5 – 3,5 juta saja untuk program Umroh. Dari uang tersebut, sebagiannya sekitar Rp 1-1,5 juta akan disisihkan untuk seseorang yang dianggap berjasa telah merekrutnya sebagai downline.
Setelah mendaftar, maka seseorang akan mendapatkan semacam starter kit dari perusahaan, untuk selanjutkan diarahkan merekrut kembali orang lain sebagai downline-nya. Bila seseorang telah berhasil merekrut sekitar 10 orang downline, maka ia dijanjikan akan diberangkatkan umroh oleh perusahaan.
Dengan kata lain, cukup dengan menyetor 2,5 -3,5 juta saja per orang, kemudian membawa 10 orang lain ikut mendaftar juga, maka orang tersebut telah bisa berumroh ke tanah suci. Sementara itu, orang lain (downline) yang telah ikut mendaftar, harus melakukan hal yang sama dengan pengajaknya (upline) agar bisa diberangkatkan umroh.
Bagi upline yang telah berhasil umroh, dapat memanfaatkan jatah dari sebagian setoran uang pendaftaran para downline-nya dalam bentuk uang tunai. Artinya, ia tidak lagi harus ikut berangkat umroh lagi, namun bisa menerima keuntungan dalam bentuk uang tunai. Untuk program MLM haji, tentu besarnya setoran uang dan jumlah downline akan lebih besar lagi berdasarkan total biaya yang harus dikeluarkan per orang.
Dalam operasionalnya, biasanya perusahaan MLM haji dan umroh ini memanfaatkan jalur pertemanan, rekan kerja atau hubungan kekerabatan. Untuk menarik minat masyarakat agar mudah percaya dan mau bergabung, perusahaan biasa memanfaatkan tokoh-tokoh agama, seperti tokoh ulama, atau pengurus majelis ta’lim untuk dijadikan sebagai pembimbing ibadah haji atau umroh.  
Modus MLM Haji dan Umroh semacam ini telah berlangsung cukup lama, sejak beberapa tahun yang lalu. Di berbagai media, terutama koran, banyak ditawarkan program haji dan umroh murah melalui cara MLM ini.
Kasusnya sendiri muncul ke permukaan setelah ada sejumlah pihak yang merasa dirugikan mengadukan masalah tersebut ke pihak Kemenag dan kepolisian setempat, Hingga saat ini, pihak Kemenag dan polisi masih terus mengusut kasusnya. ***[Srie]


16 komentar:

  1. lebih baik ikut dana talangan umroh,,,, bisa langsung berangkat lunas nya belakangan... infonya klik
    tulisan ini

    BalasHapus
  2. Apa benar ada yang dirugikan ? kalau Iya di bagian mana ya ? Saya mau tahu juga nih
    Tulisan ini hanya memberikan warning tapi tidak memberikan masukan seharusnya seperti apa tapi hanya satu kata HINDARI .

    Saya yakin kalau yang merasa dirugikan adalah orang2 yang tidak mempunyai kemampuan menyisihkan penghasilan atau penganggur yang mengharapkan dari menjalankan "Kail" yang diberikan Armina untuk berumrah...atau nafsu ingin cepat kaya... cepat umrah dll... Kalau dia sadar bahwa Kail satu2 sumber kemampuan ... kalau gagal ya pasti komplain, ujungnya menjelekan, memfitnah dll

    Kalau saya DP 3.5 juta dan dengan ngajak 10 jamaah dari komisinya memang terbayar/ terbantu kok sisa biayanya... masalahnya 10 jamaah itu nanti gimana??? baca sisi pemahaman saya:

    Kalau memang di awal orang tersebut punya sedikit penghasilan dan mau menyisihkan penghasilannya serta menggunakan "Kail" Armina sebagai Alat membantu kemampuannya... In shaa Allah saya yakin orang itu nggak akan dirugikan... Mengapa?

    1. Armina tidak mewajibkan jamaah menjalankan hak usahanya
    2. Tidak ada keharusan per bulan harus setor jamaah dll...
    3. Hak usaha seumur hidup, dan Armina selalu menunggu kapan jamaah siap( sabar)
    4. Di lindungi asuransi..

    Tinggal masalahnya adalah ada orang rela meminjam uang hanya untuk membayar tanda jadi dan lupa kalau jika kita tidak mampu hukum Ibadah Umrah / Haji tidak wajib....

    Kalau tetap ngotot mau daftar tentu... tentu ada yang diharapkan yaitu bisnis di dunia. Jika memang mengharapkan bantuan tidak sedikit kok Agen perwakilan Armina yang rela bersedekah memberikan voucher gratis bagi yang mau umrah dan menabung...Kalau belum nemu orangnya ya mungkin belum rejekinya dan harus sabar.

    JIka mulai membantu syiar agen sebagai free lancer juga bisa kok, dan jelas tentu akan dapat komisi dari agen yang dibantunya.
    Kalau DP di cicil dari sini kan bisa..
    Bukankah bersama sama akan bisa saling bantu dan menjadi mudah?

    Saat ini 7 bulan saya mendaftar dan menjalankan usaha , Alhamdulillah belum terlihat kerugiannya. Malah bisa bersedekah dan jamaah saya bisa berangkat kok.. Mengapa?
    karena saya memberikan pemahaman kalau belum siap ya jangan dipaksakan,.. Kalau siap nabung knapa nggak daftar dengan armina ? bukankah benefitnya lebih baik dari nabung sendiri? Bayar DP ke Armina ?.. ya karena mau berangkat sama Armina .. bukankah saat ini dp terhadap nilai voucher sudah ada disc sekitar 50$? belum kalau kursnya naik

    Jadi semua tergantung dari "the man behind the gun". Manusia nya atau oknum yang memainkan sistem tersebut. Jika dominan ranah bisnis tentu hasilnya hanya untung atau rugi... kalau ranahnya Ibadah ya bisnis jadi lebih nikmat.
    BISNIS = Bawa Iman ( Surga/Neraka ) Ibadah Sholat... jika salah langkah tentu neraka tempatnya dan di area perdagangan / pasar tentu tempat gemuk setan.....

    Ayo luruskan niat, semoga memberikan pemahaman sisi yang lain. Cerdaskan masyarakat dan bukan menakut2 i, menjadi takut, fitnah dll...

    Mungkin ini juga yang di pahami MUI sehingga sapai saat ini Arminareka tetap eksis.
    Masalah oknum ya yang dikejar oknumnya.... karena apa?.. ya bisnis itu tadi.

    Semoga bermanfaat, Kalau ada salah itu dari kekurangan saya...

    Salam
    Didi
    www.arminareka-bogor.com






    BalasHapus
  3. Mbok ya jangan berkomentar tentang Armina kalau belum paham sistim Armina. Nanti jadinya FITNAH. Liat tuh MUI mengeluarkan dan selalu memperbaharui Sertifikat Halal untuk armina, karena beliau-beliau itu mengkaji terlebih dahulu, baru mengeluarkan FATWA.

    BalasHapus
  4. Saudaraku apa yg sbrnya anda cari..MUI sudah menarik sertifikasi halal DSN no.83/VI/2012 dengan surat edaran desember 2012. Silahkan anda liat di roda2blogspot. Kami tujuan bukan menyalahkan tp menyelamatkab anda saudaraku agar mencari nafkah yg halal.

    BalasHapus
  5. Karna anda semua sudah dicuci otaknya sama impian yg tinggi, makanya jadi bego , kalo ngimpi jgn tinggi" mas bro ntar jatuh sakit hlo hehe

    BalasHapus
  6. Buat pak didi...agama bukanlah logika...anda melogikan atau meliat dr sisi cara anda berfikir...coba anda liat dr sisi syariatnya..
    - sertifikasi armina udah dicabut bos...desember 2012. Yg di cantumin itu sertifikasi juni
    - uang DP orng yg membatalkan umroh via armina tdk bisa kembali kan...ini namanya memakan harta orng lain. Disebut bai' urbun. Jumhur ulama mengatakan haram
    - bonus buat leader di dpt dr orng2 dibawahnya..downline/ jamaah..anda gak sadar ini memakan harta orng lain bos?? Saatnya disini anda berlogika..merenung fikir2
    - PLBS di halalkan MUI..tp plbs versi armina gak dpt kehalalan MUI per desember 2012
    - bisnis kamu ini melakukan 2 transaksi dlm 1 akad.. beli merk dan akad jd distributor.ini dilarang
    - samsarah/ makelar g disyaratkan daftar. Adakh ente jd makelar jualan tanah, alat elektro, hasil ikan, padi, dll hrs daftar dulu jd makelarnya baru bisa menjualkan...hny ada di armina model bayar dulu baru jd makelar
    - bisnis anda ini MLM sebenarnya...coba fikir2...tdk perlu tutup point/ tutup poin sama saja.
    - anda tau orng jualan tempe di jalanan dengan cara dagang yg halal, itu lebih baik drpd bisnis anda yg bersepatu, ber jas, berdasi tp syubhat dan tidak halal menurut MUI dan menurut pandangan syariat.

    Semoga setelah ini perusahaan ini akan ditutup oleh Allah swt krn telah menipu bnyk orng awam yg baru belajar berbisnis sesuai syariat

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini yg jawab semuanya gak tau atau bgmn ya? daripada cerita disini coba tabayyum klo memang menganggap dirinya muslim,,"Ingat tdk ada baiknya menceritakan yg lain,,klo itu benar berarti ghibah,,kalo salah berarti fitnah",,coba datang kekantornya Arminareka trus smpekan opini kalian...

      Hapus
    2. saya juga merasa yang salah adalah oknumnya yg kdg ngarahin suruh langsung buka kemitraan harusnya ga demikian tapi cukup tanyakan apakah anda mau buka biro lalu infokan kelebihannya nah kl ga mau jgn dipaksa jgn diam2 juga tiba2 suruh buka kemitraan hrs jelas akad dan ijab kabulnya lalu tanyakan mau apa engga, memang kt hrs pandai2 mengendalikan hawa nafsu. Armina sebetulnya memberikan komisi bagi yg bawa jamaah nah kl di travel lain kan ga ada komisi kl kt bawa jamaah. Tapi memang kita bukan nyari orang atau maksa org buat umrah atau haji itu kan mslh hati kt ckup infokan kl kita ini siap mendaftarkan dan boleh bagi hasil komisinya yang memang niat umrah atau haji bisa jadi kan daftar ke armina dg wasilah kt yg ga mau ya biarin aja jgn dipaksa gt. Kalau armina mungkin hanya solusi strategi marketing dia jd bukan untuk orang yang mau jd marketing umrah sehingga hrs bayar dp dl jd nya dua akad dlm 1 akad tp yg memang daftar umrah diberi hak usaha nah jalanin atau engga ya terserah. Tapi saya jg ga tau apa dalam kenyataannya jamaah terus2an dipush utk buka kemitraan atau engga kalau begitu ya memang ga boleh jd semacam pemaksaan secara halus. Cukup sekali tawarkan dan jelaskan selebihnya terserah gitu biar ga hilang unsur kerelaannya tapi masalahnya memang manusia cenderung melampaui batas jd nya suka pada salah kaprah ingin bonus asal jebrat jebret meski ga semua. Wallahu alam bantu ksh pencerahan yaa

      Hapus
  7. Assalamualaikum Anonim...
    Aku coba jawab yaa argumen anda.. biar lega aja hehhe yaa selanjutnya terserah pembaca saja menilainya begaimana..
    1. Masalah sertifikat halal MUI memang sengaja dicabut.. karna sertifikat tersebut hanya halal untum Arminareka kan sertifikatnya atas nama Arminareka sedangkan yang ingin sukses seperti armina banyak sekali.. makanya sertifikat diganti oleh dan disyah kan oleh Dewan Syariah Nasional sehingga bisa digunakan oleh semua orang yg ingin usaha travel seperti Armina. Dan sertifikat tersebutkan sudah bersyarat dengan 30point sebagai persyaratan. Jika armina melanggar satu poin saja dari persyaratan tersebut maka armina dinyatakan tidak halal dan tentu akan ditindak lajuti. Namun kenyataannya, sampai sekarang 2015 armina masih berdiri tegak dan berjalan dengan seamanah mungkin. Itulah yg disampaikan oleh pemilik Armina sekaligus Direktur ibu Ir. Hj DARNELLY GURIL M.Sc

    2. Yang mengatakan memakan harta orang lain sebagai DP umroh itu sangatlah salah besar. itu sudah fitnah ya... Karna setiap orang yang ingin melakukan transaksi besar pasti ada Depe sebagai tanda jadi dong? masalah tidak bisa kembali kan sudah ada perjanjian diawal depe tidak bisa kembali dengan terima segala bentuk barang souvenir, legalitas, mukena, baju koko&asuransi. dan masalah ba'i urbun tidak kuat dalilnya. Makanya ada solusi dari Fatwa MUI untuk depe tdk kembali menjadi sah jika perjanjian awal disetujui kedua belah pihak.. fatwa tersebut sudah ada lho..

    3. Masalah makelar harus daftar dulu.. coba deh yaa difikir lagi. Kita sebagai agent travel umroh niat bersyiar, mengingatkan orang lain.. mau ngingetin orang sholat aja kita wajib sholat dulu.. ini kita ngingetin orang ke baitullah.. masa kita sendiri ga ikutan depe nya?? Maluu deh agent kayak gitu.. arminareka ga punya agent yg malu2in kayak gitu hehehe

    4. Masalah bisnis MLM itu sudah dibahas diatas ya.. kita sudah mengikuti 30persyaratan dari Dewan Syariah Nasional jika melanggar haram.. nah kenyataannya kan ga pernah melanggar makanya ga ada yg bisa gugat kita, karna kita sudah benar...

    5. tukang tempe juga ada yg Tidak baik lho banyak juga coba kalo tempenya dikasih formalin atau borax.. merugikan masyarakat... masalah itu tukang tempe haram atau halal yaa itu urusan dia deh sama Allah... jadi saya tidak mau fitnah yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy jwb buat anda sang pejuang baitullah. Itung2 bantu saudara
      1. Coba di buka link ini ya
      http://roda2blog.com/2013/11/17/surat-edaran-kemenag-tentang-mlm-umroh-dan-haji-pt-arminareka/#comment-33652
      Disitu udah jelas MLM PLBS umroh tdk dibenarkan...masih tetep mungkir?
      Gini aja...tlng mana sertifikasi halal dr MUI yg membolehkan MLM PLBS buat biro ini dan itu yg pengen sukses menipu seperti arminareka...lha wong sy aja punya panduan buku arminareka dng sertifikasi halal per juni 2012 yg ujung2 ini udah dicabut..
      2. Anda masih blum paham ya makan harta dr DP. Pendpt haram memakan harta DP didukung oleh imam syafi'i, imam maliky dan imam ahmad bin hambal. Ini pendpt kuat. Kalau anda mau makan DP ya disiapkan aja perutnya di neraka.
      3. Makelar daftar dulu ya gak boleh. Sy kasih logika."wahai para makelar sy punya tanah, anda bisa jual tanah sy dng anda mendaftar dulu jd member dan dptkan voucher makanan 1milyar". Makelar memakelari makelar itu gak boleh dlm islam. Masih ngeyel?
      4. Masak udah memenuhi persyaratan 30. Gak percaya. 24 ta yg dipenuhi. 6 gak dipenuhi. Secuil gak dipenuhi haram bro. Logika nya gini. Anda makan nasi goreng dan disitu ada 1 butir daging babi. Maka haram semua.
      5. Kita tdk bahas penjual tempe yg dicampur formalin. Tp penjual tempe yg memasarkan dng benar. Beda kalau anda yg meramu penjualan jasa umroh dng MLM PLBS. Lha ini jelas haram. Bukan fitnah lho ya..sy hny menyelamatkan anda dan sodara anda sebagai sesama korban arminareka...
      Umroh kok pake hutang jamaah dr DP 3.5jt..hahaha..malu kalau tahu tetangga yg diundang pas syukuran.hahaha..

      Kalau masih mau beralasan silahkan. Akan sy jwb. Krn kebenaran akan selalu tegak

      Hapus
  8. Komisi agent diperoleh dari diskon besar yang diberikan pihak paskapai penerbangan dan hotel karena arminareka berhasil memberangkatkan quota terbanyak seindonesia dan nomor dua di Dunia setelah turki.
    coba deh misalnya kita mau usaha baju, pasti kalo beli banyak ada diskonnya kan? Sama aja kayak Armina.. kita kalo pesen pesawat dan hotel banyak tentu dapet diskonnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inilah pembohonhan publik dng menyatakan pemberangkatan terbesar se indonesia. Jng sombong dulu.. biro travel lain jug bnyk tp knp gak diketahui publik? Krn mereka merahasiakan. Inilah ciri2 yg membuat umroh jamaahnya diterima. Ciri2 umroh yg tdk diterima adlh adlh pamer sudah memberangkatkan sebanyak itu.
      Sy sih percaya nya berhasil memberangkatkan leadernya bolak balik umroh stlh berhasil menipu orng dng DP 3.5 jt. Lalu ug DP kalau mau umroh gratis ya pake paket solusi dng menjalankan usaha. Maka cari lg deh korban shg bisa umroh. Krn korban tdk mau maka diperhalus dng sebutan jamaah agar lebih islami.
      Kata siapa bisa booking jauh2 hari sampai 1 th sblmnya. Perlu diketahui dr sumber nya langsung ya...bhw sistem hotel dan maskapai penerbangan tdk bisa dipesan 1 th sblm pemberangkatan. Jg hotel2 nya di mekkah madinah. Dibohongi kok mau.
      Umroh di arminareka mahal bos. Tak kasih bocoran ya di travel lain. Harga dibawah 2400 dollar dng 13 hari. Pakai saudi airlines. Turun madinah. Bkn jeddah lho. Hotel bintang 5. Makan 3 kali.
      Anda cuman 9 hr. Pake garuda .turun jeddah. Makan 3 kali (cuman ini yg sama).
      Knp mahal? Krn uangnya dikasihkan ke leader2nya...masih gak percaya. Alangkah baiknya anda jd pegawai travel lain ya. Perlu diketahui travel arminareka tdk bisa dikatakab travel bonafid. Masih gak percaya?
      Udh tau kasus penelantaran jamaah arminareka?
      Katanya umur 25th? Perlu diketahui sistem MLM nya digalakkan 2008. Brarti ini udah 7th kesuksesan dlm MLM PLBS. Rata2 perusahaan MLM bertahan maksimal 15 tahun.
      Ayo buru2 keluar cari usaha lain. Kabar terbaru arminareka sedanv diperiksa di mabes polri lho.
      Selmat bekerja di MLM PLBS umroh

      Hapus
  9. Jika sertifikasi halal nya sudah dicabut...tolong dong dimana sy bisa dpt sertifikasi terbaru arminareka yg halal....lha wong PLBS semacam armina sudah dilarang....cari kerja yg benar bro....

    BalasHapus
  10. Sedikit cerita semoga sahabat2ku segera tobat. Pernah pula sy di prospek orng armina. Lalu bilang "dirimu tentaranya allah, kamu sebagai wakil ibrahim, orng yg bersyiar akan di berikan rizki dr arah yg tdk disangka2". Kmdn lanjut "ayo bantu sy bersyiar, yg penting syiar krn hny allah yg membuat dia ikut daftar di arminareka. Lalu kamu dpt bonus deh 1,5 jt". Stlh itu sy lihat buku panduan arminareka..eh ada sertifikasi halal. Lalu eh harus DP 3,5jt sbg bukti niat dan katanya nama kita di catat di baitullah. Menjadi tamu allah dan akan diampuni dosanya..

    Baik yuk kita bahas satu persatu...
    1. Sy sadar bhw ini bkn niat tulus syiar, krn ujung2 nya fulus. Syiar diartikan berdakwah tanpa mengaharap apapun. Syiar mengharap orng daftar pd kita atau ujung2 nya duit maka sama artinya menjual agama ini.
    2.diberikan rizki dr arah tak disangka...mksudnya cari kaki2 dan ditata dan jk semakin bnyk kaki maka akan masuk uang ke rekening tanpa disadari. Mengambil dr surat ath-tholak "brngsiapa yg bertakwa pd allah maka allah akan memberi jln keluar dan akan memberi rizki dr arah yg tak disangka". Ini bkn taqwa pd bisnis ini. Tp ini istidraj allah.

    BalasHapus
  11. Sahabat .. gabung di bisnis MLM apapun tdk lain krn ingin cepat kaya. Dan tergiur dng leader2. Membentuk masyarakat hedonis. Syiar hnylah modus saja. Sy sarankab cari pekerjaan lain. Jng tertipu dng bisnis spt ini. Uang mencari kita adlh konsep bisnis bkn islami.

    BalasHapus