Senin, 07 Januari 2013

Terkait Draft Revisi PP No. 74 Tahun 2008, Ini Usulan PGRI


Srie, - Draft Revisi Peraturan Pemerintah (PP) No. 74 Tahun 2008 tentang Guru, kini telah memasuki tahap akhir penyempurnaan di Kemendikbud.
Rencanananya, mulai bulan depan draft yang telah diempurnakan akan masuk ke Sekretariat Negara (Setneg) untuk menjalani proses pengesahan hingga penandatanganan oleh Presiden SBY.
Berbagai masukan telah diberikan oleh masyarakat terkait draft revisi ini, terutama dari kalangan organisasi profesi guru. Salah satunya adalah masukan usulan dari organisasi PGRI.
Lalu, apa saja yang diusulkan oleh PGRI dalam rangka memperjuangkan aspirasi para guru yang tergabung di dalamnya?
Ketua Umum PGRI, Sulistiyo mengatakan, saat ini sejumlah usulan PGRI telah memperoleh sambutan yang baik, sehingga masuk dalam draft perubahan PP. Antara lain, berkaitan beban mengajar guru yang 24 jam tatap muka.
Disebutkannya, aturan mengenai tatap muka harus memperhitungkan juga berbagai kegiatan lain guru di luar mengajar, seperti guru yang menjadi wali kelas, membimbing kegiatan ekstrakurikuler siswa, dan lain-lain.
“Berkaitan dengan beban mengajar 24 ham tatap muka agar berbagai kegiatan guru, seperti wali kelas, membimbing kegiatan siswa, dll diakui,” kata Sulistiyo, Sabtu (22/12) sebagaimana dikutip dari sini.
Meski begitu, Sulistiyo menjelaskan, bahwa masih ada sejumlah usulan PGRI yang harus terus diperjuangkan agar dapat masuk dalam draft revisi PP yang mengatur guru itu.
Antara lain, menyangkut nasib guru honorer di sekolah negeri yang dinilai baik, bekerja sepenuh waktu dan telah mengajar cukup lama diharapkan dapat juga mengikuti program sertifikasi.
Usulan lain yang masih perlu perjuangan keras PGRI adalah mengenai guru yang diangkat sebagai pengawas sekolah dan penilik pendidikan non formal (PNF), agar BUP-nya sama dengan guru, termasuk menerima hak-hak guru, seperti TPG, dan materi lainnya.
Dikatakannya, usulan tersebut telah diminta untuk disosislisasikan kepada para guru dan pimpinan PGRI di daerah-daerah, hingga tingkat Ranting/Gusus di desa-desa sejak uji publik revisi PP No. 74/2008 berlangsung pada bulan Desember tahun lalu. *** [Srie]

Catatan: Bagi yang ingin mengetahui dan mengunduh draft revisi PP No. 74 Tahun 2008  silakan klik di sini.

2 komentar:

  1. terima kasih kami sampaikan kepada bapak yang telah berjuang,mf mau tanya pak, kok ga ada yang tertulis mengenai upah minimum guru non pns dalam usulan ini?

    BalasHapus
  2. upah minimu non pns di sekolah swasta brdasarkan kemampuan yayasan to kang

    BalasHapus