Rabu, 06 Februari 2013

Hari Ini Dipanggil Komnas HAM, Mendikbud Mangkir


Srie, - Panggilan Komnas HAM untuk datang ke kantornya, ternyata tidak diindahkan oleh Mendikbud, Mohammad Nuh. 
Dalam surat panggilan Komnas HAM yang dikirimkan pada Senin (4/2) lalu, yang seharusnya Mendikbud hadir pada hari Rabu (6/2) siang ini, ternyata ia mangkir tanpa pemberitahuan yang jelas.
Sedianya, pihak Komnas HAM bermaksud akan melakukan klarifikasi terhadap Mendikbud, terkait draft revisi Peraturan Pemerintah (PP) No 78 Tahun 2008 tentang Guru yang dinilai berpotensi melanggar HAM.
“Kami sudah mengirimkan surat sejak Senin (4/2) untuk memanggil hari ini, pukul 11.00 WIB. Namun, tidak ada konfirmasi dari Kemdikbud, apakah akan ada yang datang atau tidak,” kata anggota Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai, di Jakarta, Rabu (6/2), sebagaimana diberitakan di sini.
Menurut Natalius, seharusnya Mendikbud sudah tahu tentang pemanggilan dan persoalan yang kini sedang menjadi perhatian pihak Komnas HAM. Alasannya, Mendikbud sebenarnya sudah tahu mengenai panggilan ini, meski melalui salah satu media yang sempat menghubunginya.
Beberapa waktu sebelumnya, lanjut Natalius, Mendikbud mengatakan kepada media bahwa dirinya belum menerima surat pemanggilan dari Komnas HAM. Artinya, Mendikbud sudah tahu  adanya pemanggilan itu, meski baru melalui wartawan.
Meski begitu, Komisioner Komnas HAM Bidang Pemantauan dan Penyelidikan Pelanggaran HAM ini masih mau berpikir positif kepada Mendikbud.
“Kami berpikir positif saja. Mungkin suratnya memang belum sampai ke Mendikbud atau belum didisposisikan. Atau bisa saja Mendikbud sudah tahu, dan sedang menyiapkan dokumen-dokumen untuk menyampaikan argumentasi terkait masalah revisi PP Guru,” ujarnya.
ia menambahkan, sejauh ini berbagai pihak yang dipanggil oleh Komnas HAM, seperti kementerian atau lembaga lainnya selalu bersikap kooperatif dan mau hadir untuk memenuhi panggilan lembaganya.
Bahkan, lanjutnya, petinggi militer atau kepolisian saja bersedia datang ke Komnas HAM saat menerima panggilan untuk dimintai klarifikasi atas masalah tertentu yang terkait dengan pihak yang dipanggil.
“Saya yakin, Mendikbud pasti memiliki alasan yang kuat sehingga tidak bisa memenuhi panggilan Komnas HAM hari Rabu ini,” ujarnya.

Panggil Ulang

Pihak Komnas HAM berencana akan memanggil kembali Mendikbud pada hari Senin, tanggal 18 Februari 2013. Surat panggilan akan dikirim ulang, paling lambat Kamis (7/2) esok.

“Kami akan kembali mengirimkan surat paling lambat besok untuk pemanggilan kembali tanggal 18 Februari 2013. Kami berharap, Mendikbud dating karena waktunya kali ini cukup panjang,” ujar Pigai. 
Hingga saat ini, belum ada tanggapan atau klarifikasi secara resmi dari pihak Kemdikbud atau Mendikbud sendiri terkait adanya surat pemanggilan Komnas HAM tersebut.
Panggilan ini merupakan kelanjutan atas pengaduan yang dilakukan oleh perwakilan dari tiga pimpinan organisasi guru pada Jum’at (1/2) pekan lalu. Dalam aduannya, pimpinan organisasi guru non-PGRI ini menilai draft revisi PP No. 74 Tahun 2008 berpotensi melanggar HAM. [Baca Beritanya Di Sini]. *** [Srie] 

Catatan: Baca juga,

1. Penuhi Panggilan Kedua Komnas HAM, Mendikbud Kirim Perwakilan

2. Mendikbud: Bedakan Hak Berserikat Guru, Sebagai warga Negara dan Profesi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar