Senin, 18 Februari 2013

Inilah, Peringkat 5 Besar Provinsi Berdasarkan Angka Putus Sekolah

Srie, - Mendikbud, Mohammad Nuh, berulang kali mengingatkan tentang masih tingginya rata-rata nasional angka putus sekolah di Indonesia. Ia pun mengajak pihak pemda untuk membuka posko gerakan anti putus sekolah.

Berdasarkan data BPS, pada tahun 2011, rata-rata nasional angka putus sekolah untuk kelompok umur 7-12 tahun (jenjang SD) adalah 0,67 persen.

Untuk kelompok umur 13-15 tahun (jenjang SMP) adalah 2,21 persen, dan kelompok umur 16-18 tahun (jenjang SMA) adalah 3,14 persen.

Dari segi angkanya, secara nasional terdapat 182.773 siswa SD yang putus sekolah alias tidak sampai tamat. Untuk tingkat SMP, terdapat 209.976 siswa yang putus sekolah, dan 223.676 siswa tingkat SMA yang drop out (DO).

Jika dilihat berdasarkan daerah, maka kelompok 5 besar angka putus sekolah tertinggi untuk tingkat SD adalah provinsi Sulawesi Barat (2,37%), Kepulauan Bangka Belitung (1,88 %) dan Papua Barat (1,56%), Papua (1,36%) dan Sulawesi Tenggara (1,32%).

Sementara itu, provinsi DIY (0%), Kaltim (0,34%), Aceh (0,38%), Jatim (0,39%) dan Bali (0,39%) menempati 5 besar provinsi terendah angka putus sekolah untuk tingkat SD. Dalam hal ini, provinsi yang dipimpin oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X, mencatatakan diri sebagai provinsi bebas anak SD putus sekolah.

Angka putus sekolah merupakan salah satu indikator keberhasilan pembangunan bidang pendidikan. Penyebab putus sekolah, antara lain kurangnya kesadaran orang tua akan pentingnya pendidikan sebagai investasi masa depannya, keadaan ekonomi yang miskin, dan keadaan geografis yang kurang mendukung.

Berikut ini adalah tabel data yang menunjukkan peringkat 5 besar provinsi tertinggi dan terendah angka putus sekolah untuk masing-masing jenjang sekolah yang diolah dari materi arahan Mendikbud pada Rembuknas 2013 berdasarkan data BPS 2013.

Untuk dapat melihat angka putus sekolah di provinsi lainnya pada masing-masing jenjang sekolah, secara keseluruhan dapat dilihat pada lampiran grafik berikutnya lagi. Semoga bermanfaat. *** [Srie]










22 komentar:

  1. Terima kasih banyak atas infonya, ditunggu kelanjutanya

    BalasHapus
  2. Sukses selalu yah, karena infonya sangat membantu

    BalasHapus
  3. makasih informasinya sukses yach....

    BalasHapus
  4. Infonya berguna banget nich...

    BalasHapus
  5. Infonya sangat menarik untuk di simak.

    BalasHapus
  6. Informasinya sangat inofatif dan bermanfaat

    BalasHapus
  7. Terimakasih atas informasinya

    BalasHapus
  8. data anak putus sekolah bisa diperoleh dimana ya pa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Data anak putus sekolah bearasal dr materia arahan Mendikbud saat Rembuknas 2013, bisa didownload di sini http://www.srie.org/2013/02/rembuknas-2013-ditutup-download-materi.html tks

      Hapus
  9. makasih informasinya sukses yach....

    BalasHapus
  10. Infonya berguna banget nich...

    BalasHapus
  11. Infonya bagus bangeet,, makasih banget nih.

    BalasHapus
  12. senang bisa berkunjung ke website ini,,

    BalasHapus
  13. Infonya sangat menarik untuk di simak.

    BalasHapus
  14. Senangnya baca informasi ini, bisa nambah pengetahuan.

    BalasHapus
  15. makasih informasinya sukses yach....

    BalasHapus
  16. Infonya berguna banget nich...

    BalasHapus
  17. Infonya bagus bangeet,, makasih banget nih.

    BalasHapus
  18. senang bisa berkunjung ke website ini,,

    BalasHapus
  19. Infonya sangat menarik untuk di simak.

    BalasHapus
  20. Informasinya sangat inofatif dan bermanfaat

    BalasHapus