Sabtu, 09 Februari 2013

Saat Rembuknas 2013 Digelar, Wapres Akan Canangkan Pelaksanaan Kurikulum Baru


Srie, - Pekan depan, Kemdikbud akan menggelar acara tahunan Rembuk Nasional (Rembuknas) Pendidikan dan Kebudayaan, di Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Bojongsasri, Depok, Jawa Barat, pada tanggal 10-13 Februari 2013.

Rencananya, Rembuknas 2013 akan dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden (Wapres) Boediono pada hari Senin (11/2), pukul 09.00 WIB. Pada acara yang sama, Wapres   dijadwalkan akan mencanangkan pelaksanaan Kurikulum 2013.

Sekjen Kemdikbud, Ainun Na’im mengatakan, ada lima prioritas bahasan dalam Rembuknas yang bertemakan “Menuntaskan Program Prioritas Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2013-2014” ini.

Kelima prioritas itu, kata Ainun, merupakan bahasan penting yang tertuang dalam Rencana Jangka Panjang Menengah Nasional (RJPMN) Kemdikbud tahun 2010-2014 yang akan berakhir pada tahun depan.

“Menjelang akhir RPJMN ini kita harus melihat kembali apa saja target-target kita, dan sudah sejauh mana capainnya,” tutur Ainun, saat mengadakan jumpa pers Rembuknas 2013, di Jakarta, Jum’at (8/2), sebagaimana dilansir di sini.




Ainun menjelaskan mengenai kelima prioritas bahasan dalam Rembuknas itu. Pertama, implementasi Kurikulum 2013, termasuk di dalamnya persiapan tentang pengadaan buku dan pelatihan guru.

Kedua, implikasi atas disahkannya UU Perguruan Tinggi pada Desember 2012 lalu, termasuk di dalamnya perluasan akses, peningkatan mutu PT, dan pembahasan mengenai bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).

Ketiga, pelaksanaan pendidikan menengah universal (PMU) yang dimaksudkan untuk lebih menjangkau akses bagi warga negara dalam menikmati pendidikan hingga tingkat menengah.

Keempat, mengenai tata kelola, di antaranya mencakup bahasan mengenai penyediaan layanan pendidikan yang efektif dan efisien dalam zona integritas yang bebas korupsi.

Kelima, pelayanan budaya, yang meliputi bahasan mengenai pelestarian budaya, penanaman nilai-nilai budaya kepada siswa, dan penyebarluasan nilai budaya Indonesia ke dunia internasional.

Rembuknas, antara lain akan dihadiri oleh para kepala dinas pendidikan, rektor perguruan tinggi, Kopertis, atase 14 negara, UPT, anggota Komisi X DPR RI, serta mengundang sejumlah narasumber, seperti Walikota, Gubernur dan Menteri. *** [Srie]

Catatan: Panduan lengkap mengenai Rembuknas 2031 dapat dilihat atau diunduh di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar