Jumat, 01 Maret 2013

Kabar Gembira, Dana BOS SMA/SMK Dikucurkan Penuh Mulai Tahun Ini


Srie, - Ini kabar gembira bagi siswa SMA atau SMK. Setelah setahun sebelumnya digulirkan rintisan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SMA/SMK, maka mulai tahun ajaran 2013/2014 mendatang, dana BOS tersebut dikucurkan secara penuh.

Mendikbud, Mohammad Nuh mengatakan, besaran dana BOS SMA/SMK adalah Rp 1 juta untuk setiap siswa per tahun.

“Alhamdulillah. Dana BOS untuk SMA yang sekarang sifatnya masih rintisan, tapi nanti mulai tahun pelajaran baru, yaitu Juli 2013 itu sudah penuh. Besarnya Rp 1 juta per tahun per anak, baik SMA, SMK, negeri atau swasta,” kata Nuh, usai menghadiri rapat kabinet terbatas bidang pendidikan yang dipimpin oleh Presiden SBY, kamis (28/2), di Jakarta.

Nuh menjelaskan, program dana BOS untuk SMA/SMK secara penuh itu berkat persetujuan Menkeu, Agus Martowardojo.

Sehingga, ia secara khusus memberikan ucapan terima kasih kepada Menkeu yang kini diajukan oleh Presiden SBY sebagai calon Gubernur Bank Indonesia (BI) itu.

“Kita harus berterima kasih pada Pak Menkeu yang telah menyetujui pengalokasian dana BOS untuk sekolah menengah,” ujar Nuh.

Menurut mantan Rektor ITS ini, mekanisme penyaluran dana BOS SMA untuk tahun ini masih berbeda dengan dana BOS SD.

Dikatakannya, jika dana BOS SD disalurkan melalui daerah, maka dana BOS SMA akan ditangani langsung oleh pemerintah pusat.

“Bedanya, kalau di sekolah dasar dana BOS ditransfer ke daerah. Untuk sekolah menengah, tahun ini masih di pusat dulu. Karena, masih dimulai pertengahan tahun ya. Insya Allah, mulai tahun depan, tahun anggaran 2014, rencananya kami transfer seperti dana BOS untuk sekolah dasar,” tandasnya.

Untuk diketahui, pada tahun ajaran 2012/2013, Kemdikbud telah menganggarkan dana sebesar Rp 1 triliun yang dianggap sebagai program rintisan dana BOS bagi SMA/SMK.

Jika diperhitungkan dengan jumlah siswa pada jernjang SMA/SMK, maka dana Rp 1 trilun itu baru menutupi kebutuhan biaya sekitar Rp 125 ribu per siswa per tahun. [Baca: Tahun 2012, Kemdikbud Anggarkan Rp 1 Triliun Rintisan BOS SMA].

Adanya dana BOS SMA secara penuh, diharapkan dapat menutupi 100 persen kebutuhan biaya operasional sekolah, sebagaimana dana BOS sebelumnya yang telah terlebih dahulu dikucurkan untuk SD dan SMP. *** [Srie]

5 komentar: