Kamis, 05 Desember 2013

Bangkitnya Ekonomi Syariah, Saatnya Dukung Nyata Bebas Bunga

Sumber gambar: dakwatuna.com
Oleh Sri Endang Susetiawati
Perkembangan ekonomi syariah, kini telah memasuki babak baru, di mana kehadirannya kian diperhitungkan di dunia. Adiwarman A. Karim menyebutnya sebagai kebangkitan ekonomi dan keuangan  syariah di dunia yang ditandai oleh adanya tiga indikator penting.
Pertama, semakin besarnya volume dan transaksi bisnis berbasiskan syariah; kedua, semakin menguatnya pembangunan infrastruktur kelembagaan yang mendukung perkembangan ekonomi dan keuangan syariah; dan ketiga, penyebaran institusi keuangan syariah yang semakin meluas ke berbagai belahan dunia.
Pada indikator pertama, berdasarkan data dalam Ten-Year Framework and Strategies (IFSB, 2007), volume dan transaksi bisnis berdasarkan prinsip syariah secara global telah mengalami pertumbuhan pada kisaran 15-20 % per tahun. Pada kurun waktu ini, terdapat 284 institusi keuangan syariah yang mengelola dana lebih dari US$ 350 milyar, dan beroperasi di 75 negara di dunia. Sekitar USS 300 milyar tertanam di perbankan syariah, sedangkan sisanya US$ 50 milyar tersebar dalam bentuk sukuk, reksadana syariah, asuransi syariah, dan berbagai instrumen keuangan syariah lainnya.
Jumlah di atas belum termasuk dana yang dikelola oleh Islamic Windows dari bank konvensional senilai US$ 200 milyar. Sehingga, pada akhir 2010, total asset industri keuangan syariah di dunia diperkirakan telah mencapai US$ 1,5 triliun.
Pada indikator kedua, ditunjukkan oleh berdirinya sejumlah lembaga yang kian mendukung beroperasinya lembaga keuangan syariah. Pada tahun 1975 berdiri Islamic Development Bank (IDB) di Jeddah, Arab Saudi, diikuti tahun 1981 berdirinya The Islamic Research and Training Institute (IRTI) untuk memperkuat pengkajian dan pelatihan terkait pengembangan ekonomi syariah.
Tahun 1991, negara Bahrain mendirikan lembaga Auditing and Accounting Orgganization for Islamic Financial Institutions (AAOIFI) yang menerbitkan standar akuntansi syariah, dan kemudian menjadi rujukan atau benchmark bagi pengembangan industri keuangan dan perbankan syariah yang meliputi 200 anggota di 45 negara di dunia.
Sementara itu, memasuki abad ke-21, Malaysia mendirikan The Islamic Financial Services Board (IFSB) yang dimaksudkan sebagai international standard-setting body terkait dengan pengaturan dan pengawasan industri keuangan syariah. Tujuannya, untuk memastikan stabilitas dan kesehatan industri keuangan syariah (perbankan, pasar modal dan asuransi), sehingga semakin hati-hati dan transparan dalam mematuhi prinsip-prinsip syariah.
IFSB telah menerbitkan 12 Standard, Guiding Principle, dan Technical Note yang diadopsi oleh lembaga keuangan syariah di seluruh penjuru dunia.  Hingga Nopember 2009 lalu, IFSB mencakup 193 anggota, terdiri atas 49 otoritas pengatur dan pengawas dari sejumlah negara,  lembaga keuangan dunia, dan institusi keuangan syariah yang tersebar di 39 negara.
Sejumlah lembaga lain pendukung ekonomi dan keuangan syariah yang berdiri dalam kurun waktu terakhir ini, antara lain adalah International Islamic Financial Market (IIFM), General Council for Islamic Bank and Financial Institution (CIBAFI), Arbitration and Reconciliation Center for Islamic Financial Institution (ARCIFI), International Islamic Rating Agency (IIRA), dan Liquidity Management Center (LMC).
Selanjutnya, pada indikator ketiga, penyebaran kegiatan ekonomi dan keuangan syariah, kini tidak lagi terfokus pada negara-negara di Timur Tengah, seperti Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Kuwait, Yordania, Iran, Bahrain, Mesir, Nigeria dan Sudan. Kini, penyebarannya tidak lagi beroperasi di negara-negara dengan mayoritas penduduknya beragama Islam, seperti Malaysia, Pakistan, Indonesia, dan Bangladesh.
Akan tetapi, kini penyebarannya telah mencakup pula pada sejumlah negara Barat dan negara-negara non muslim lainnya. Negara-negara di Asia, seperti Cina, India, dan Jepang sudah mulai menerbitkan sukuk untuk membiayai pengembangan infrastruktur dan pengembangan bisnis.
Di kawasan Eropa, sejumlah negara, antara lain Italia, Inggris, Rusia, Jerman, Perancis, Luxemburg dan Swiss telah berdiri perbankan syariah dan instrumen keuangan syariah lainnya telah mulai ditransaksikan. Begitu pula di kawasan Amerika, seperti Amerika Serikat, Kanada dan Brasil, serta di Australia dan Selandia Baru, penerapan ekonomi dan keuangan syariah telah dimulai dalam kurun waktu satu dekade terakhir ini.
Inggris
Sejumlah negara, seperti Inggris, Singapura dan Hongkong, bahkan terang-terangan telah mencanangkan dirinya sebagai International Islamic Financial Hub. Perdana Menteri Inggris, David Cameron, misalnya, pada Oktober 2013 lalu telah meresmikan peluncuran paket obligasi syariah (sukuk) senilai £ 200 juta atau sekitar Rp 3,5 triliun, sekaligus akan membuka indeks Islam pada London Stock Exchange.
Dalam pidatonya, ia mengatakan bahwa penerbitan sukuk itu merupakan respon nyata negaranya atas perkembangan investasi Islam yang terus tumbuh hingga 150 % dalam kurun tujuh tahun terakhir, dan  pada tahun 2014, nilai investasinya diperkirakan bernilai £ 1.3 triliun.
Bagi Cameron, peluncuran sukuk tersebut bukan hanya menjadikan Inggris sebagai negara non-muslim pertama yang mengeluarkan obligasi syariah. Akan tetapi, sekaligus pula sebagai momen untuk menjadikan London sebagai salah satu pusat keuangan Islam di dunia, bukan hanya di dunia Barat.
“Saya tidak hanya ingin London menjadi pusat keuangan Islam di dunia Barat. Saya juga ingin, di samping Dubai, sebagai salah satu pusat keuangan Islam di dunia,” kata Cameron dalam menyambut penyelenggaraan Forum Ekonomi Islam Dunia (WEIF) di London.
Saat ini, berdasarkan data resmi pemerintah, Bank Islam Inggris merupakan bank syariah yang memiliki aset tertinggi, yaitu £ 8 milyar atau US$ 13 milyar, atau bahkan mengalahkan aset bank bank syariah di negara-negara lain yang mayoritas penduduknya muslim. Di negeri ini, tidaklah heran bila di sejumlah bank syariah banyak ditemui warga Inggris yang non muslim, justru mengambil pembiayaan, misalnya KPR yang berbasiskan atas prinsip syariah.

Amerika Serikat
Hal menarik adalah apa yang terjadi di Amerika Serikat (AS). Meski para pimpinan politik di negeri itu secara terang-terangan menentang keberadaan ekonomi dan keuangan syariah, namun sejumlah lembaga keuangannya yang bukan berlatarbelakang Islam, justru secara diam-diam menerapkan prinsip-prinsip syariah dalam usahanya.
Pada akhir tahun lalu, sebuah lembaga think tank terkemuka di AS, The Center for Security Policy, mengeluarkan sebuah laporan yang anti syariah, kemudian didukung oleh Partai Republik. Judul laporan itu adalah “Syariah: Ancaman bagi Amerika”, yang secara tegas memberikan pesan bahwa praktik-praktik mempromosikan ekonomi dan keuangan syariah adalah tidak sesuai dengan konstitusi negara, dan oleh karena itu harus dilarang.
Mantan Ketua Parlemen AS, Newt Gingrich, secara tegas menyerukan agar hukum federal memastikan bahwa Syariah, termasuk di dalamnya pembiayaan syariah, tidak diakui oleh pengadilan di AS. Kenyataannya,  justru sejumlah lembaga bisnis di negara paman Sam tersebut secara diam-diam telah mulai mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip syariah dalam berbisnis.
Seorang pengacara yang tergabung dalam Clifford Chance, yang khusus menangani keuangan Islam dan berpusat di Dubai, Paul McViety, menceritakan mengenai sejumlah kliennya yang berbasis di AS.
“Ada beberapa lembaga di AS yang mengambil industri keuangan syariah untuk mengeksplorasi sumber-sumber pendanaan alternatif,” kata Mc Viety, di sela-sela acara WEIF di London, Inggris.
Disebutkannya, pada tahun 2009, GE Capital, sayap keuangan dari perusahaan General Electric, justru telah menjadi penerbit sukuk pertama di AS, senilai US$ 500 juta. Begitu pula, Freddie Mac, penyedia jasa keuangan terbesar kedua di AS, khususnya di bidang pembiayaan KPR, telah menawarkan produk pembiayaan rumah secara syariah bagi mereka yang tidak mau membayar pinjaman berdasarkan sistem bunga.
“Presiden Obama telah memposisikan dirinya untuk mencari sistem keuangan alternatif. Namun, upayanya terlanjur terendus dan mentah sebelum diaplikasikan,” tambah McViety.

Indonesia
Lantas, bagaimana dengan Indonesia? Mengutip pendapat Dawam Rahardjo (1987), dulu, potensi ekonomi Islam hanya dimanfaatkan sebatas pengumpulan dan penyaluran zakat, infak dan sedekah saja untuk keperluan sebagian penggalangan dana bagi pembangunan di masa rezim orde baru.
Namun, kini, justru ekonomi syariah telah menjadi alternatif yang sangat menjanjikan. Pengalaman Indonesia dan beberapa negara lain di dunia yang pernah mengalami dampak terburuk terjadinya krisis ekonomi dunia pada tahun 1997-1998 lalu, kemudian diulangi krisis pada 2008 dan 2011, telah kian meyakinkan mengenai pentingnya penerapan sistem ekonomi dan keuangan yang bebas dari sistem bunga.
Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), bahkan merasa perlu untuk menegaskan kembali komitmennya untuk menjadikan sistem perekonomian syariah sebagai agenda nasional. Alasannya, karena sistem ekonomi tersebut dinilai terbukti mampu bertahan dari gejolak perekonomian dunia.
“Ekonomi ini (syariah) tidak mudah menjadi gelembung, atau yang kita kenal sebagai ‘bubble economy’,” tegas presiden SBY, saat mencanangkan Gerakan Ekonomi Syariah (gres!) pada pertengahan Nopember lalu.
Menurut Presiden SBY, sistem ekonomi syariah dapat menghindarkan pembiayaan yang bersifat spekulatif, yang dapat mengeksploitasi pasar keuangan,  juga lingkungan hidup dan sosial, hanya demi keuntungan ekonomi bagi para pemilik modal. Sebaliknya, melalui sistem bagi hasil, maka ekonomi syariah dapat menghilangkan jarak antara sektor keuangan dan sektor riil.
“Dengan kata lain, perkembangan sektor keuangan merupakan cerminan kemajuan sektor riil,” tegas presiden SBY.
Adanya kekhasan dalam sistem ekonomi syariah, seperti zakat, infak dan sedekah, yang terintegrasi dalam sistem ekonomi tersebut, juga dapat mendukung upaya pemberdayaan kaum kurang mampu secara mandiri sebagai bagian dari sistem pengaman sosial.
Presiden SBY pun menandaskan mengenai kemungkinan Indonesia sebagai pusat pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, mengingat potensi penduduknya yang mayoritas muslim terbesar di dunia dan semakin meningkatnya kelas menengah di Indonesia.
“Lebih jauh lagi, kita juga ingin menjadikan negeri kita sebagai pusat keuangan syariah dunia, sekaligus terintegrasi dengan sistem internasional berbasis syariah. Inilah salah satu esensi dari perwujudan Islam sebagai rahatan lil alamin,” tandasnya.
Perkembangan ekonomi syariah  di Indonesia  memang cukup menjanjikan. Sebagai contoh, Ketua Dewan Pakar Ekonomi Syariah Indonesia, Aries Mufti mengatakan bahwa pertumbuhan sub sektor perbankan  syariah di Indonesia menempati peringkat kedua terbaik di dunia.
“Sebelumnya, Indonesia ada di peringkat kelima, sekarang di peringkat kedua,” kata Aries, Selasa (4/9/2012), di Jakarta.
Data Bank Indonesia mencatat pertumbuhan perbankan syariah pada 2012 lalu sebesar 37 %, atau rata-rata 38 % per tahun dan 11,7 juta rekening, dengan total asset Rp 174,09 triliun (2013, diproyeksikan lebih dari Rp 250 triliun), atau 4,32 % (2013 diproyeksikan menjadi 5 %) market share dari perbankan nasional, namun  pertumbuhannya kurang dari 19 %.
Indonesia kini dapat disebut sebagai negara dengan Islamic Micro Finance terbesar di dunia, jika dilihat dari segi banyaknya jaringan, lebih dari 22.000 gerai koperasi syariah dan balai mandiri terpadu (BMT).
“Kalau dari sisi finance itu, tidak ada negara lain yang mengalahkan kita,” tandas Aris.
Saatnya Bebas Bunga
Akhirnya, perkembangan ekonomi syariah yang kian meningkat, khususnya di Indonesia, adalah sebuah kenyataan bahwa kini sudah saatnya ekonomi syariah dijadikan sebagai pilihan utama dan pertama bagi kaum muslimin, sesuai ajaran Islam yang secara tegas mengharamkan keberadaan riba.
Sistem ekonomi yang berdasarkan bunga, yang dulu masih ditoleransi sebagai sesuatu yang bersifat darurat, kini sudah kian tidak relevan lagi mengingat pilihan ekonomi syariah, khususnya infrastruktur perbankan syariah, telah cukup memadai untuk menggantikan perbankan konvensional.

Lebih jauh lagi, kini sudah saatnya umat muslim untuk secara nyata dapat mendukung sebuah peradaban baru di dunia yang lebih adil dan bebas bunga yang diusung oleh ajaran Islam yang bersifat universal, sehingga terbukti mampu menjadi rahmatan lil ‘alamain. ***

21 komentar:

  1. Terima kasih berbagi pengetahuan. mohon ijin print out

    BalasHapus
  2. Saya tertarik dengan informasi mengenai Study Keuangan Syariah diatas. Indonesia memerlukan peran serta keuangan syariah untuk mendukung perekonomian kita . Selain itu, tulisan diatas sangat menarik untuk dipelajari yang dapat menambah wawasan kita mengenai Study Keuangan Syariah. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pusat Studi Keuangan Syariah yang bisa anda kunjungi di Pusat Studi Keuangan Syariah

    BalasHapus
  3. Halo, saya Mrs Joyce, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: joycemeyerloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  4. Halo semua,
    Saya Ibu Sandra Ovia, uang pemberi pinjaman pribadi, Apakah Anda di kredit buruk? Apakah standar keuangan Anda perlu perbaikan? Aku mengoperasikan terdaftar dan disetujui pemerintah lembaga keuangan. Aku memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu untuk tingkat bunga 2%. Aku memberikan pinjaman lokal dan internasional untuk setiap tubuh membutuhkan pinjaman, dan yang bersedia untuk membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau bank cek bersertifikat untuk apa yang pernah negara Anda. Saya tidak bank dan saya tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman dari perusahaan kami. Anda dapat menghubungi kami melalui sandraovialoanfirm@gmail.com. terima kasih

    BalasHapus
  5. Dubril Firm Loan menawarkan pinjaman aman dan tidak aman untuk individu, pembentukan pribadi dan umum tanpa agunan.
    tingkat bunga kami adalah pada tingkat yang terjangkau dari 2% dan kami proses pinjaman / pengadaan adalah yang terbaik yang pernah Anda dapat mendapatkan.
    Kami menawarkan setiap jumlah pinjaman dan untuk alasan yang masuk akal.
    Hubungi kami hari ini untuk pinjaman Anda melalui,
    Email: dubrilloanfirm@gmail.com
    Skype: dubrilloanfirm

    BalasHapus
  6. Ini adalah kesaksian kepada masyarakat secara keseluruhan. Saya Fadilah dari Surabaya, Indonesia dan saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan / mendidik masyarakat umum tentang persiapan mendapatkan pinjaman online.
    Satu-satunya perusahaan Anda bisa online pinjaman adalah Dubril Badan Kredit.
    Saya Dihubungi Dubril Badan Kredit Ketika saya membutuhkan pinjaman mendesak dan saya ditawari Preferred pinjaman pada tingkat bunga 2%.
    Hubungi via email Dubril Badan Kredit di dubrilloanfirm@gmail.com.
    Jika Anda membutuhkan bantuan atau informasi Acerca bagaimana untuk pergi tentang proses kredit, silahkan hubungi saya melalui email saya bfadilah8@gmail.com.
    Tuhan memberkati Anda.

    BalasHapus
  7. Halo, aku Magret Spencer, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? Saya telah didaftarkan dan disetujui. Aku memberikan pinjaman kepada reputasi dan tingkat individu Tersedia dalam 2%. Aku memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari reputasi kami.
    Anda dapat menghubungi kami melalui Email: magretspencerloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  8. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  9. Artikel ini sangta menrik. Terimkasih atas informasinya
    ST3 Telkom

    BalasHapus
  10. Kesaksian untuk masyarakat umum. Saya Fadilah dari Surabaya, Indonesia dan saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan / mendidik masyarakat umum tentang mendapatkan pinjaman online.
    Satu-satunya perusahaan Anda bisa online pinjaman adalah Dubril Badan Kredit.
    Saya menghubungi Dubril Badan Kredit ketika saya membutuhkan pinjaman mendesak dan saya ditawari pinjaman pada tingkat bunga 2%.
    Hubungi Dubril Badan Kredit via email pada dubrilloanfirm@gmail.com.
    Jika Anda membutuhkan bantuan atau informasi tentang bagaimana untuk pergi tentang proses pinjaman, silahkan hubungi saya melalui bfadilah8@gmail.com email saya.
    Tuhan memberkati Anda.

    BalasHapus
  11. Kabar baik, kabar baik
    Hey hati-hati di sini !!!
    Nama saya Jelli Mira warga negara Indonesia. Saya telah scammed oleh 3 pemberi pinjaman internasional yang berbeda di internet, semua berjanji untuk memberikan pinjaman, saya kehilangan saya uang keras peroleh. Suatu hari, saat browsing melalui internet tak berdaya saya menemukan kesaksian dari seorang wanita bernama Widya Okta, yang juga scammed oleh pemberi pinjaman kredit palsu, tapi akhirnya mendapat terkait dengan perusahaan pinjaman legit bernama SANDRA OVIA PINJAMAN FIRM di mana ia akhirnya mendapat pinjaman nya, jadi saya memutuskan untuk menghubungi perusahaan pinjaman yang sama dan kemudian mengatakan kepada mereka kisah saya tentang bagaimana saya telah scammed oleh 3 pemberi pinjaman yang berbeda. Saya menjelaskan kepada perusahaan melalui email dan mereka meyakinkan saya memberi saya pinjaman di perusahaan dan juga mengatakan kepada saya bahwa telah membuat keputusan yang tepat untuk menghubungi mereka. Aku mengisi formulir aplikasi kredit dan melanjutkan dengan segala sesuatu yang diminta dari saya dan kepada Allah kemuliaan saya mendapat pinjaman dari Rp450,000,000 dari perusahaan ini besar (sandraovialoanfirm@gmail.com), Dikelola oleh Ibu Sandra Ovia, dan di sini saya sangat senang karena SANDRA OVIA PINJAMAN FIRM telah mengubah hidup saya jadi saya membuat janji kepada diri sendiri bahwa saya akan terus bersaksi di internet tentang bagaimana saya mendapat pinjaman saya. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman Anda harus menghubungi SANDRA OVIA dan mengikuti aturan dan peraturan, karena saya meyakinkan Anda mendapatkan pinjaman Anda dalam waktu kurang dari 24 jam. Anda masih dapat menghubungi saya melalui email jika Anda memerlukan bantuan tentang bagaimana saya mendapat pinjaman (jellimira750@gmail.com).

    BalasHapus
  12. (Merithope6@gmail.com)

    Hello am Mrs, Merit. pemberi pinjaman kredit yang sah dan dapat diandalkan untuk pemberi pinjaman, eh tawaran pinjaman rumah, kredit mobil, pinjaman Hotel, tawaran komersial, yang harus memperbarui semua situasi keuangan di dunia / perusahaan untuk membantu mereka yang terdaftar pemberi pinjaman uang pinjaman pribadi, hipotek, kredit konstruksi , suku bunga rendah dari 2% dll modal, pinjaman usaha dan pinjaman kredit buruk kerja, start up. Kami membiayai proyek di tangan dan perusahaan Anda / mitra dan saya ingin menawarkan pinjaman pribadi untuk klien mereka dari USD $ 12.000 sampai $ 8.000.000 euro dan pound saja. Aku memberikan pinjaman usaha,
    pinjaman pribadi, pinjaman mahasiswa, kredit mobil dan pinjaman untuk membayar tagihan. jika kamu
    membutuhkan pinjaman yang harus Anda lakukan adalah untuk Anda untuk menghubungi saya secara langsung
    Dalam: (merithope6@gmail.com)
    Tuhan memberkati Anda.
    Hormat kami,
    Mrs: jasa Harapan
    Email: (merithope6@gmail.com)

    Catatan: Semua respon harus dikirim ke: (merithope6@gmail.com). hubungi kami melalui e-mail untuk informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  13. Hai orang orang yang beriman...yang tidak beriman tidak hai

    Obat Jantung Bocor Pada Anak Yang Sangat Manjur

    BalasHapus

  14. Wir bieten DRINGEND KREDIT AUF DER GANZEN WELT HIER niedrig wie 2% Steuersatz anwenden !!!

    Schönen Tag:
    Wir sind ein vollständig registriert und zertifiziert Darlehen Firma, die auf einem sehr niedrigen Zinssatz von 2% besicherten und unbesicherten Kredite an Privatpersonen und Unternehmen bietet. Wir bieten lang- und kurzfristigen loans.Our Unternehmen viele Durchbrüche in der Bereitstellung von erstklassigen Finanzdienstleistungen für unsere Kunden aufgezeichnet

    Haben Sie persönliche Darlehen benötigen? Hat Ihre Firma, Gesellschaft oder in der Industrie brauchen finanzielle Unterstützung? Sie benötigen Finanzen Ihr Unternehmen zu gründen? Sie benötigen Finanzen Ihr Geschäft zu erweitern? Wir geben Darlehen an interessierte Personen, die Darlehen mit gutem Glauben anstreben. Sind Sie ernsthaft in der Notwendigkeit einer dringenden Darlehen. Wenn Sie interessiert sind, kontaktieren Sie uns jetzt durch das Antragsformular unten ausfüllen und einreichen per E-Mail: adrianfinancefirm@yahoo.com

    Im Folgenden sind die Darlehen Anwendungen:

    *Ihr vollständiger Name: ...................
    *Land: .......................
    *Bundesland: ......................
    *Darlehensbetrag: ...................
    *Adresse: .............................
    *Dauer: ........................
    *Alter: ......................
    *Geschlecht: ..........................
    *Beruf: ..........................
    *Telefonnummer: .....................

    E-Mail: adrianfinancefirm@yahoo.com

    Firm offiziellen Website: http://adrianfinancefirm.bravesites.com/

    Tel no: +12052912541

    Wir freuen uns darauf, bald von Ihnen zu hören.

    Freundliche Grüße,
    Adrian Finance Firma.

    BalasHapus
  15. PINJAMAN URGENT

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak, Perusahaan kami sepenuhnya dibuat dan siap untuk assits Anda dengan kebutuhan Anda untuk perbaikan / startup bisnis Anda (pribadi / sosial) atau Anda membutuhkan pinjaman untuk membayar tagihan Anda, kepentingan perusahaan kami tingkat di 2% saja.
    Terima kasih.

    silakan hubungi email perusahaan kami dengan rincian Anda
    (Atifahassan80@gmail.com)
    ATIFA HASSAN.

    BalasHapus
  16. Kabar Baik, Setiap Satu. Nama saya Aris Setymin Dari Indonesia tapi aku tinggal di Prahova Rumania, aku cepat-cepat ingin menggunakan media ini untuk berbagi kesaksian tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman kredit Legit dan nyata yang telah mengubah hidup saya dari rumput untuk rahmat, saya pernah menjadi miskin wanita tapi dia telah berubah saya untuk orang kaya sekarang, karena saya sekarang dapat membanggakan dari hidup sehat dan kaya tanpa stres atau kesulitan keuangan.

    Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet, saya ditipu oleh perusahaan pinjaman lain untuk membayar jumlah total Rp98,700,500, saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman online yang sah yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi aku memutuskan untuk menghubungi seorang wanita yang baru saja pinjaman diterima secara online, kita membahas tentang masalah ini dan kesimpulan kami dia bercerita tentang seorang wanita bernama CYNTHIA JOHNSON yang merupakan CEO dari Cynthia Johnson Pinjaman Perusahaan.

    Aku diterapkan untuk jumlah pinjaman ($520,000.00USD) dengan tingkat bunga rendah dari 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa tidak memerlukan agunan untuk transfer pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat lisensi kesepakatan dari mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam dan 20 menit pinjaman disetorkan ke rekening bank saya.

    Jadi saya ingin saran siapa saja yang membutuhkan pinjaman untuk cepat menghubungi dia melalui: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini dan saya berdoa agar Tuhan memberkati dia dan keluarganya untuk hal-hal baik yang telah dilakukan di hidupku. Anda juga dapat menghubungi saya di arissetymin@gmail.com untuk info lebih lanjut. dan di sini adalah email dari teman saya: ladymia383@gmail.com yang memperkenalkan saya kepada Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia.

    BalasHapus
  17. Kabar baik, kabar baik
    Hey hati-hati di sini !!!
    Nama saya Jelli Mira warga negara Indonesia. Saya telah scammed oleh 3 pemberi pinjaman internasional yang berbeda di internet, semua berjanji untuk memberikan pinjaman, saya kehilangan saya uang keras peroleh. Suatu hari, saat browsing melalui internet tak berdaya saya menemukan kesaksian dari seorang wanita bernama Widya Okta, yang juga scammed oleh pemberi pinjaman kredit palsu, tapi akhirnya mendapat terkait dengan perusahaan pinjaman legit bernama SANDRA OVIA PINJAMAN FIRM di mana ia akhirnya mendapat pinjaman nya, jadi saya memutuskan untuk menghubungi perusahaan pinjaman yang sama dan kemudian mengatakan kepada mereka kisah saya tentang bagaimana saya telah scammed oleh 3 pemberi pinjaman yang berbeda. Saya menjelaskan kepada perusahaan melalui email dan mereka meyakinkan saya memberi saya pinjaman di perusahaan dan juga mengatakan kepada saya bahwa telah membuat keputusan yang tepat untuk menghubungi mereka. Aku mengisi formulir aplikasi kredit dan melanjutkan dengan segala sesuatu yang diminta dari saya dan kepada Allah kemuliaan saya mendapat pinjaman dari Rp450,000,000 dari perusahaan ini besar (sandraovialoanfirm@gmail.com), Dikelola oleh Ibu Sandra Ovia, dan di sini saya sangat senang karena SANDRA OVIA PINJAMAN FIRM telah mengubah hidup saya jadi saya membuat janji kepada diri sendiri bahwa saya akan terus bersaksi di internet tentang bagaimana saya mendapat pinjaman saya. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman Anda harus menghubungi SANDRA OVIA dan mengikuti aturan dan peraturan, karena saya meyakinkan Anda mendapatkan pinjaman Anda dalam waktu kurang dari 24 jam. Anda masih dapat menghubungi saya melalui email jika Anda memerlukan bantuan tentang bagaimana saya mendapat pinjaman (jellimira750@gmail.com).

    BalasHapus
  18. Halo,
    Ini untuk memberi tahu masyarakat bahwa Nyonya Charity White, pemberi pinjaman swasta memiliki kesempatan finansial untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis baru atau untuk meningkatkan bisnis Anda. Kami memberikan pinjaman dengan bunga sebesar 2% kepada perusahaan dan perorangan. Ini tidak memerlukan banyak dokumen, juga syarat dan ketentuan yang jelas dan peka. Hubungi kami via e-mail: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) Kami akan memberikan layanan terbaik kami.

    BalasHapus