Langsung ke konten utama

Selamat Datang di Kelas Digital Sejarah

Selamat datang di Kelas Digital Pelajaran Sejarah SMAN 2 Kuningan. Ini merupakan media pembelajaran Sejarah yang diampu oleh guru Dra. N. Sri Endang Susetiawati, M.Pd.

Dengan media Kelas Digital Sejarah ini, diharapkan siswa dapat melakukan proses belajar secara lebih mudah, intensif dan dapat dilakukan kapanpun, baik saat berada di sekolah maupun saat usai pulang sekolah.

Kelas Digital Sejarah merupakan media komunikasi dalam proses pembelajaran Sejarah yang dapat diakses melalui handphone, komputer atau laptop.

Melalui Kelas Digital ini, guru akan memberikan konten belajar, baik berupa teks, foto, video atau dokumen lainnya yang diharapkan dapat direspon oleh siswa dengan memberikan komentar atau berdiskusi.

Melalui Kelas Digital pula guru akan memberikan penugasan, ulangan secara online, serta pengumuman.

Tugas dapat dilaporkan oleh siswa melalui media Kelas Digital pula dengan cara mengunggah file penugasan.

Sementara itu, hasil ulangan secara online akan memudahkan guru untuk me…

Aktualisasi Semangat Pertempuran Laut Aru


Pertempuran Laut Aru pada tanggal 15 Januari 1962 merupakan salah satu peristiwa yang selalu diperingati oleh jajaran keluarga besar TNI AL sebagai Hari Dharma samudera. Bagi TNI AL, peristiwa Laut Aru dan peristiwa lainnya merupakan peristiwa kepahlawanan korps TNI AL yang semangatnya senantiasa perlu diaktualisasikan pada setiap saat. Tujuannya adalah tak lain mempertahankan kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI.
Bagaimana sesungguhnya peristiwa pertempuran Laut Aru tersebut dalam konteks sejarah pembebasan Irian Jaya (Irian Barat) dari kekuasaan Kerajaan Belanda saat itu ? Bagaimana aktualisasi semangat pertempuran tersebut dalam konteks kekinian, khsusnya dalam rangka memberdayakan potensi pulau-pulau terluar dan wilayah perbatasan NKRI ?
Berikut ini merupakan tulisan berjudul “Aktualisasi Semangat Pertempuran Laut Aru, Dalam Menegakkan Kedaulatan dan Keutuhan Wilayah NKRI, Pemberdayaan Potensi Pula-Pulau Terluar dan Wilayah Perbatasan RI”. Tulisan tersebut merupakan Juara 3 Lomba Karya Tulis Tingkat Nasional Kategori Umum yang diselenggarakan oleh DISPENAL MABES TNI AL Tahun 2011. 


Aktualisasi Semangat Pertempuran Laut Aru
Baca Juga

Komentar