Langsung ke konten utama

Selamat Datang di Kelas Digital Sejarah

Selamat datang di Kelas Digital Pelajaran Sejarah SMAN 2 Kuningan. Ini merupakan media pembelajaran Sejarah yang diampu oleh guru Dra. N. Sri Endang Susetiawati, M.Pd.

Dengan media Kelas Digital Sejarah ini, diharapkan siswa dapat melakukan proses belajar secara lebih mudah, intensif dan dapat dilakukan kapanpun, baik saat berada di sekolah maupun saat usai pulang sekolah.

Kelas Digital Sejarah merupakan media komunikasi dalam proses pembelajaran Sejarah yang dapat diakses melalui handphone, komputer atau laptop.

Melalui Kelas Digital ini, guru akan memberikan konten belajar, baik berupa teks, foto, video atau dokumen lainnya yang diharapkan dapat direspon oleh siswa dengan memberikan komentar atau berdiskusi.

Melalui Kelas Digital pula guru akan memberikan penugasan, ulangan secara online, serta pengumuman.

Tugas dapat dilaporkan oleh siswa melalui media Kelas Digital pula dengan cara mengunggah file penugasan.

Sementara itu, hasil ulangan secara online akan memudahkan guru untuk me…

P-4 dan Upacara Bendera Diusulkan Untuk Diterapkan Bagi Mahasiswa, Anda Setuju ?


Oleh Sri Endang Susetiawati
Paguyuban Rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se- Jawa Timur mengusulkan kepada Ditjen Dikti Kemendiknas agar P-4 (Pedoman Pelaksanaan dan Pengamalan Pancasila) kembali diajarkan di Perguruan Tinggi. P-4 dianggap memiliki materi empat pilar bangsa (Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI) yang dianggap relevan untuk diajarkan kepada mahasiswa. Usulan tersebut diungkapkan oleh Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel Surabaya, Prof Nursyam, Senin, 23 Mei 2011 di kampusnya.
Metode yang digunakan dalam menerapkan kembali P-4 disebut tidak lagi menggunakan pola indoktrinasi sebagaimana halnya terjadi pada jaman Orde Baru. Usulannya adalah empat pilar dijadkan sebagai Mata Kuliah Khusus, atau diintegrasikan dalam Mata Kuliah yang lain seperti Pendidikan Agama, Sosilogi atau Psikologi.
Bukan hanya soal P-4, bahkan, Wakil Rektor Bidang Kurikulum Universitas Airlangga, Prof. Achmad Syaharani mengusulkan agar Upacara Bendera dilaksanakan di Perguruan Tinggi. Upacara Bendera yang biasa dilaksanakan di sekolah-sekolah setiap hari Senin dianggap penting untuk diikuti oleh para mahasiswa di kampus-kampus.
Kesepakatan antar 9 Rektor atau Pembantu Rektor PTN se-Jatim diperoleh saat melakukan pertemuan di kampus Unair, Jum’at, 20 Mei 2011. Ke-9 PTN se-Jatim itu adalah Universitas Airlangga Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Universitas Negeri Surabaya, IAIN Sunan Ampel Surabaya, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Malang (UM), Universitas Islam Negeri Malang, Universitas Jember, serta Universitas Trunojoyo Bangkalan.
Bagaimana dengan pendapat Anda ?
Demikian, terima kasih.
Salam Persahabatan
Srie

Sumber rujukan berita : www.tempointeraktif.com

Baca Juga

Komentar