Langsung ke konten utama

Selamat Datang di Kelas Digital Sejarah

Selamat datang di Kelas Digital Pelajaran Sejarah SMAN 2 Kuningan. Ini merupakan media pembelajaran Sejarah yang diampu oleh guru Dra. N. Sri Endang Susetiawati, M.Pd.

Dengan media Kelas Digital Sejarah ini, diharapkan siswa dapat melakukan proses belajar secara lebih mudah, intensif dan dapat dilakukan kapanpun, baik saat berada di sekolah maupun saat usai pulang sekolah.

Kelas Digital Sejarah merupakan media komunikasi dalam proses pembelajaran Sejarah yang dapat diakses melalui handphone, komputer atau laptop.

Melalui Kelas Digital ini, guru akan memberikan konten belajar, baik berupa teks, foto, video atau dokumen lainnya yang diharapkan dapat direspon oleh siswa dengan memberikan komentar atau berdiskusi.

Melalui Kelas Digital pula guru akan memberikan penugasan, ulangan secara online, serta pengumuman.

Tugas dapat dilaporkan oleh siswa melalui media Kelas Digital pula dengan cara mengunggah file penugasan.

Sementara itu, hasil ulangan secara online akan memudahkan guru untuk me…

Nikmati (Lagi) Kompasiana, dengan Satu Cara!


Oleh Sri Endang Susetiawati
Seorang teman yang telah cukup lama aktif di Kompasiana, akhir-akhir ini sempat mengeluh tentang kehadirannya di Blog keroyokan ini. Apa sebabnya?
Katanya, ada yang berbeda di Kompasiana. Katanya, serasa mulai jenuh dan kurang menarik lagi. Katanya, bla..bla..bla..bla..bla..!
“Apa sebabnya?” tanyaku
“Entahlah, saya sendiri tidak tahu persis.. hehe” jawabnya singkat.
“Hmm.... sesuatu yang wajar” balasku.
Semua ada saatnya, semua ada masanya. Semua ada proses, semua ada hal yang diperoleh dan dirasakan. Semua ada yang pernah hilang. Termasuk, saat aktivitas berkompasiana ria.

Tidak harus, kita selalu menggerutu. Tidak harus, kita selalu berkeluh kesah. Tidak harus, kita selalu meminta permakluman dunia.
Apa yang kau rasakan, apa yang kau inginkan adalah dirimu sendiri. Dunia, bukanlah dirimu. Dirimu hanya bagian sangat terkecil dari dunia ini.
Dunia akan memberikan jawaban dengan cara dan jalannya sendiri. Entah, sesuatu yang akan kau anggap mendatangkan bahagia, ataukah justru kecewa. Jadi, mengapa harus selalu berkeluh hati?
Kawan! Ada ruang dan waktu dalam kehidupan. Ruang membuatmu dianggap ada. Waktulah yang membuatmu terikat. Kecuali, hidup telah berubah menjadi mati.
Dunia, bukan tanpa batas. Tak banyak pilihan yang dapat engkau perbuat. Kecuali, memilih kegiatan dan menjadwal ulang, kapan waktu itu akan diisi?
Ya! Begitulah dengan Kompasiana. Mungkin, salah satu cara terbaik atasnya, adalah menjadwal ulang. Kapan saatnya engkau akan mengisi Kompasiana? Kapan saatnya engkau akan absen untuk beberapa saat saja? 
Saat bersamanya, engkau pernah sangat menikmatinya. Kini, jawablah untuk sebuah tanya. Pernahkah engkau menikmati pula saat-saat lain tanpa bersamanya?
Cobalah nikmati, saat engkau absen tanpa kehadirannya. Lalu, di saat yang dianggap tepat, nikmati pula saat engkau kembali bersamanya. Maka, kenikmatan itu amat mungkin akan kembali engkau nikmati.
Mudah, bukan? Nikmatilah ia saat bersama, dan saat absen dalam kebersamaan. Tentu, berlaku pula bukan hanya untuk Kompasiana. *** By Srie.
Salam Persahabatan
Srie

Baca Juga

Komentar