Langsung ke konten utama

Selamat Datang di Kelas Digital Sejarah

Selamat datang di Kelas Digital Pelajaran Sejarah SMAN 2 Kuningan. Ini merupakan media pembelajaran Sejarah yang diampu oleh guru Dra. N. Sri Endang Susetiawati, M.Pd.

Dengan media Kelas Digital Sejarah ini, diharapkan siswa dapat melakukan proses belajar secara lebih mudah, intensif dan dapat dilakukan kapanpun, baik saat berada di sekolah maupun saat usai pulang sekolah.

Kelas Digital Sejarah merupakan media komunikasi dalam proses pembelajaran Sejarah yang dapat diakses melalui handphone, komputer atau laptop.

Melalui Kelas Digital ini, guru akan memberikan konten belajar, baik berupa teks, foto, video atau dokumen lainnya yang diharapkan dapat direspon oleh siswa dengan memberikan komentar atau berdiskusi.

Melalui Kelas Digital pula guru akan memberikan penugasan, ulangan secara online, serta pengumuman.

Tugas dapat dilaporkan oleh siswa melalui media Kelas Digital pula dengan cara mengunggah file penugasan.

Sementara itu, hasil ulangan secara online akan memudahkan guru untuk me…

E-Book (1): Sukses Belajar, Melukis Masa Depan

Oleh Sri Endang Susetiawati
Buku berjudul “SUKSES BELAJAR, MELUKIS MASA DEPAN” karya Sri Endang Susetiawati ini merupakan buku yang berisi tentang motivasi belajar bagi siswa, disertai dengan penjelasan tentang kunci sukses belajar dan kiat sukses dalam meraih masa depan.
 Inti pesan dari buku ini adalah bahwa siapapun mereka (para siswa) itu, dengan latar belakang apapun yang berbeda akan memiliki peluang yang sama untuk dapat sukses belajar, sekaligus dapat sukses dalam meraih masa depannya.
Dalam buku ini, isinya menekankan bahwa sebenarnya setiap anak memiliki peluang yang sama untuk sukses dalam belajar. Tidak ada alasan apapun bagi siswa untuk tidak dapat sukses belajar, kecuali mereka memang malas belajar.
Dalam bagian 1 (Belajar Dari Mereka), 2 (Mengapa Harus Belajar?) dan 3 (Berpikir Positif) dari isi buku ini, diuraikan mengenai pentingnya motivasi belajar bagi siswa agar sungguh-sungguh mau belajar. Bagian 4 (Kunci Sukses Belajar) menguraikan mengenai kunci sukses belajar yang diharapkan dapat dipraktekkan oleh siswa dalam belajar.

Bagian 5 (Karakter Unggul) menguraikan mengenai karakter unggul yang dianggap penting untuk dimiliki oleh siswa, sebagai bagian dari dukungan terhadap pendidikan karakter yang saat ini sedang diprogramkan oleh KEMDIKNAS secara nasional. 
Masalah pendidikan karakter dianggap sangat penting, karena kesuksesan seseorang dalam hidupnya sangat ditentukan oleh karakter yang dimilikinya. Hasil penelitian di Harvard Uninersity, USA, menyimpulkan bahwa 80 % kesuksesan seseorang ditentukan oleh faktor soft skill, yang terkait langsung dengan masalah karakrer. Sementara sissanya, hanya 20 %, disumbangkan oleh faktor hard skill, yang terkait dengan kemampuan teknis seseorang (Ali Ibrahim Akbar, 2009).
Bagian 6 (Melukis Masa Depan), atau bagian terakhir dari buku ini, menguraikan tentang bagaimana sebaiknya seorang siswa dalam mempersiapkan masa depannya kelak. Dalam bagian akhir ini, akan diuraikan mengenai pentingnya seorang siswa untuk mengembangkan potensi diri, belajar bersaing, dan belajar meraih sukses yang diharapkan dapat berguna sebagai bekal siswa dalam menghadapi masa depan. 
Akhirnya, secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa isi buku ini yang sebagian bersumber dari pengalaman saya sendiri, pada dasarnya merupakan upaya untuk memotivasi siswa. Bahwa, asal mereka mau bersungguh-sungguh, siapapun mereka, hampir tanpa kecuali, dapat dipastikan akan dapat sukses. Baik sukses dalam belajar di sekolah, atau sukses dalam kehidupannya nanti di masa depan. 

Berikut ini, adalah contoh cuplikan dari isi buku tersebut pada bagian satu, dalam bentuk PDF.


E-Book, Sukses Belajar, Bagian 1 -


Baca Juga

Komentar