Langsung ke konten utama

Selamat Datang di Kelas Digital Sejarah

Selamat datang di Kelas Digital Pelajaran Sejarah SMAN 2 Kuningan. Ini merupakan media pembelajaran Sejarah yang diampu oleh guru Dra. N. Sri Endang Susetiawati, M.Pd.

Dengan media Kelas Digital Sejarah ini, diharapkan siswa dapat melakukan proses belajar secara lebih mudah, intensif dan dapat dilakukan kapanpun, baik saat berada di sekolah maupun saat usai pulang sekolah.

Kelas Digital Sejarah merupakan media komunikasi dalam proses pembelajaran Sejarah yang dapat diakses melalui handphone, komputer atau laptop.

Melalui Kelas Digital ini, guru akan memberikan konten belajar, baik berupa teks, foto, video atau dokumen lainnya yang diharapkan dapat direspon oleh siswa dengan memberikan komentar atau berdiskusi.

Melalui Kelas Digital pula guru akan memberikan penugasan, ulangan secara online, serta pengumuman.

Tugas dapat dilaporkan oleh siswa melalui media Kelas Digital pula dengan cara mengunggah file penugasan.

Sementara itu, hasil ulangan secara online akan memudahkan guru untuk me…

Kunci Sukses Belajar (4): Perbaiki Kebiasaan, Atur Pola Hidup


Oleh Sri Endang Susetiawati
Kamu pun perlu berlatih untuk mengubah pola hidup, memperbaikinya dan mengatur diri sendiri secara baik. Sangat mungkin, kesulitan belajar sebenarnya berawal dari pola hidup kamu yang salah dalam membagi waktu.
Jadi, mengatasi kesulitan kamu dalam belajar, salah satunya adalah dengan mengubah pola hidup kamu atau menjadwal ulang kebiasaan kamu, khususnya selama kamu berada di rumah atau di luar sekolah.  Mungkin dianggap sepele, namun hal ini sangat penting bagi perubahan diri kamu.
Aturlah dan bagilah waktu kamu di rumah dengan mengutamakan keperluan kamu dalam belajar sebagai urutan nomor satu. Jangan sebaliknya, justru alokasi waktu belajar menjadi urutan terakhir. Itu pun apabila kamu dirasa masih ada waktu yang tersisa.

Misalnya, setelah kamu biasa bermain atau nongkrong dengan teman-teman, atau kamu usai menghabiskan waktu dengan menonton televisi, bermain game komputer, bermain internet atau terlampau asyik dalam “berfacebook ria”. Ubahlah, bahwa waktu bermain dan berteman adalah waktu sisa setelah kamu selesai belajar dan berlatih dengan cukup
Berlatihlah kamu dalam mengalokasikan waktu yang bermanfaat bagi kepentingan sukses belajar kamu sendiri. Biasakanlah, kamu mengutamakan waktu belajar sesuai dengan kebutuhan kamu sendiri, hingga kamu benar-benar telah menguasai materi pelajaran yang kamu pelajari.
Berapa lama waktu yang kamu perlukan untuk belajar, amat tergantung pada berapa lama kamu dapat menyelesaikan tugas belajar dan berlatih secara memadai. Tambahkan pula, dengan menghitung berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk mengatasi kesulitan belajar. *** By Srie.

(Bersambung....)
Baca Juga

Komentar