Langsung ke konten utama

Selamat Datang di Kelas Digital Sejarah

Selamat datang di Kelas Digital Pelajaran Sejarah SMAN 2 Kuningan. Ini merupakan media pembelajaran Sejarah yang diampu oleh guru Dra. N. Sri Endang Susetiawati, M.Pd.

Dengan media Kelas Digital Sejarah ini, diharapkan siswa dapat melakukan proses belajar secara lebih mudah, intensif dan dapat dilakukan kapanpun, baik saat berada di sekolah maupun saat usai pulang sekolah.

Kelas Digital Sejarah merupakan media komunikasi dalam proses pembelajaran Sejarah yang dapat diakses melalui handphone, komputer atau laptop.

Melalui Kelas Digital ini, guru akan memberikan konten belajar, baik berupa teks, foto, video atau dokumen lainnya yang diharapkan dapat direspon oleh siswa dengan memberikan komentar atau berdiskusi.

Melalui Kelas Digital pula guru akan memberikan penugasan, ulangan secara online, serta pengumuman.

Tugas dapat dilaporkan oleh siswa melalui media Kelas Digital pula dengan cara mengunggah file penugasan.

Sementara itu, hasil ulangan secara online akan memudahkan guru untuk me…

Katakan Tidak Untuk Korupsi, Tak Perlu Bakar Diri

Oleh Srie Endang Susetiawati


Adalah hak setiap orang untuk mengekspresikan diri dalam hal bersikap dan berpendapat dengan berbagai cara apapun. Termasuk, dalam hal bersikap menolak korupsi, hingga nekad dengan melakukan aksi bakar diri. Bahkan, hingga merelakan nyawanya terlepas dari raga. Semangat dan niatnya untuk melawan korupsi, amat kita hargai.


Akan tetapi, sebagai bentuk sosialisasi anti korupsi, tindakan nekad bakar diri jelas-jelas bukanlah tindakan yang sangat tepat dan tidak layak ditiru. Apalagi, bila bentuk aksi protes tersebut dijadikan sebagai bagian dari kampanye anti korupsi yang dianggap penuh heroisme. Perlawanan terhadap korupsi dengan cara membakar diri, bukanlah tindakan yang cukup bijak untuk dijadikan contoh bagi siapapun, terutama bagi generasi muda intelektual bangsa.

Masih banyak cara yang dapat dipilih untuk mengekspresikan sikap dan pendapat kita dalam menolak segala bentuk praktek korupsi di negeri ini. Korupsi, memang telah menjadi penyakit akut yang serius menggerogoti sendi-sendi kehidupan bangsa, di pusat dan daerah, di tingkat pejabat tinggi hingga pejabat rendah. 

Korupsi, memang harus dilawan dengan berbagai cara sepanjang dapat dibenarkan sebagai bagian dari tindakan manusia yang beradab, yang masih dapat diterima oleh akal sehat. Budaya korupsi, memang harus dilawan dengan budaya anti korupsi, dengan melakukan sekecil apapun dari siapapun dan kalangan manapun untuk bersinergi meneriakkan kata “TIDAK !” untuk “KORUPSI” dalam perbuatan secara konkrit dalam kehidupan sehari-hari.

Ayo, kita lawan korupsi dengan cara yang paling mungkin kita lakukan secara sendiri-sendiri atau bersama-sama, sebagai bagian dari masyarakat yang beriman dan berperadaban.

Salam anti korupsi.... *** By Srie

Baca Juga

Komentar