Langsung ke konten utama

Selamat Datang di Kelas Digital Sejarah

Selamat datang di Kelas Digital Pelajaran Sejarah SMAN 2 Kuningan. Ini merupakan media pembelajaran Sejarah yang diampu oleh guru Dra. N. Sri Endang Susetiawati, M.Pd.

Dengan media Kelas Digital Sejarah ini, diharapkan siswa dapat melakukan proses belajar secara lebih mudah, intensif dan dapat dilakukan kapanpun, baik saat berada di sekolah maupun saat usai pulang sekolah.

Kelas Digital Sejarah merupakan media komunikasi dalam proses pembelajaran Sejarah yang dapat diakses melalui handphone, komputer atau laptop.

Melalui Kelas Digital ini, guru akan memberikan konten belajar, baik berupa teks, foto, video atau dokumen lainnya yang diharapkan dapat direspon oleh siswa dengan memberikan komentar atau berdiskusi.

Melalui Kelas Digital pula guru akan memberikan penugasan, ulangan secara online, serta pengumuman.

Tugas dapat dilaporkan oleh siswa melalui media Kelas Digital pula dengan cara mengunggah file penugasan.

Sementara itu, hasil ulangan secara online akan memudahkan guru untuk me…

Inilah, Peta Penganut Agama di Dunia



Srie,- Studi terbaru mengenai keadaan demografis di dunia mencatat 84% dari populasi dunia pada tahun 2010 mengidentifikasi diri dengan kelompok agama yang ada di dunia. 

Ini berarti 8 lebih dari 10 orang di dunia, atau sekitar 5,8 miliar orang dewasa dan anak-anak dari 6,9 miliar penduduk dunia mengaku memiliki kaitan dengan identitas keagamaan.

Sisanya, sebanyak 16% teridentifikasi tidak memiliki afiliasi dengan kelompok agama manapun. Meski begitu, banyak dari kelompok ini yang menganut beberapa keyakinan agama dan spiritual, seperti mengaku percaya pada tuhan dan spritualitas universal.
Lantas, berapa kira-kira jumlah penganut masing-masing agama di dunia? Hasil studi demografis yang dirilis pada Senin (17/12) kemarin, oleh Forum Pew Research Center on Religion & Public Life menyebutkan agama Kristen menempati peringkat pertama dengan jumlah penganut terbesar sebanyak 2,2 miliar atau 32% dari jumlah penduduk dunia tahun 2010.
Agama Islam berada pada posisi kedua dengan angka 1,6 miliar umat muslim (23%). Posisi ketiga ditempati oleh agama Hindu sebanyak 1 miliar orang (15%), agama Budha di posisi keempat dengan 500 juta orang (7%), dan agama Yahudi sebanyak 14 juta orang (0,2%).
Di luar angka itu, terdapat lebih dari 400 juta orang (6%) menganut agama-agama tradisional (asli) setempat, seperti di Afrika, agama rakyat di Cina, agama asli di Amerika dan agama aborigin di Australia. Ada 58 juta orang (kurang dari 1%) menganut agama-agama lain, di antaranya seperti Baha’isme, Jainisme, Shikisme, Shinto, Taoisme, Tenrikyo, Wicca dan Zoroastrianisme.
Berdasarkan laporan penelitian yang didanai oleh The Pew Charitable Trust dan John Templaton Foundation ini diketahui pula mengenai penyebaran geografis agama-agama besar di dunia. Umat Kristen menyebar di berbagai kawasan dunia, seperti di Eropa (26%), Amerika Latin dan Karibia (24%) dan sub-sahara Afrika (24%).
Umat muslim sebagian besar berada di kawasan Asia Pasifik (62%), kemudian di Timur Tengah dan Afrika Utara (20%), dan sub-sahara Afrika (16%). Agama Hindu dianut oleh mayoritas penduduk di Asia Pasifik (99%). Kawasan Asia Pasifik, juga merupakan tempat tinggal bagi mayoritas penganut Budha (99%). Penganut Yahudi tinggal di Amerika Utara (44%), dan di Timur Tengah dan Afrika Utara (41%, hampir semuanya di Israel). *** [Srie]

Catatan:
1. Sumber data di sini
2. Khusus peta umat Islam di sini
Baca Juga

Komentar