Langsung ke konten utama

Selamat Datang di Kelas Digital Sejarah

Selamat datang di Kelas Digital Pelajaran Sejarah SMAN 2 Kuningan. Ini merupakan media pembelajaran Sejarah yang diampu oleh guru Dra. N. Sri Endang Susetiawati, M.Pd.

Dengan media Kelas Digital Sejarah ini, diharapkan siswa dapat melakukan proses belajar secara lebih mudah, intensif dan dapat dilakukan kapanpun, baik saat berada di sekolah maupun saat usai pulang sekolah.

Kelas Digital Sejarah merupakan media komunikasi dalam proses pembelajaran Sejarah yang dapat diakses melalui handphone, komputer atau laptop.

Melalui Kelas Digital ini, guru akan memberikan konten belajar, baik berupa teks, foto, video atau dokumen lainnya yang diharapkan dapat direspon oleh siswa dengan memberikan komentar atau berdiskusi.

Melalui Kelas Digital pula guru akan memberikan penugasan, ulangan secara online, serta pengumuman.

Tugas dapat dilaporkan oleh siswa melalui media Kelas Digital pula dengan cara mengunggah file penugasan.

Sementara itu, hasil ulangan secara online akan memudahkan guru untuk me…

Download Dokumen Kompetensi Dasar untuk SMA/MA Kurikulum 2013


Srie, - Jelang implementasi Kurikulum 2013 yang akan dimulai pada pertengahan Juli 2013 mendatang, Balitbang Kemdikbud telah merampungkan Dokumen Kompetensi Dasar untuk jenjang SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA yang merupakan salah satu perangkat kelengkapan Dokumen Kurikulum 2013.

Selain berisi mengenai deskripsi Kompetensi Dasar, dokumen ini berisi pula mengenai Kompetensi Inti dan Struktur Kurikulum pada masing-masing jenjang sekolah. 

Dalam dokumen ini pun termuat berbagai tema yang terintegrasikan dari Kompetensi Dasar berbagai mata pelajaran.

Dalam Kurikulum 2013, Kompetensi Dasar dikembangkan dari Kompetensi Inti, sedangkan pengembangan Kompetensi Inti mengacu pada Struktur Kurikulum.

Kompetensi Inti merupakan kompetensi yang mengikat berbagai Kompetensi Dasar ke dalam aspek kepribadian, sikap, ketrampilan dan pengetahuan yang harus dipelajari oleh peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran.

Kompetensi Inti harus dimiliki peserta didik untuk setiap kelas melalui pembelajaran Kompetensi Dasar yang diorganisasikan dalam pembelajaran tematik integratif dengan pendekatan pembelajaran siswa aktif.

Sementara itu, Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas.

Dengan demikian, secara praktis, maka dapat pula dikatakan bahwa sebenarnya Dokumen ini merupakan silabus dari mata pelajaran untuk setiap jenjang sekolah dan jenjang kelas.

Selengkapnya mengenai Dokumen Kompetensi Dasar untuk jenjang SMA/MA Kurikulum 2013 pada masing-masing jenjang sekolah dapat diunduh (dowload) pada tautan berikut ini.

Demikian, semoga dokumen ini bisa bermanfaat bagi guru atau pemerhati pendidikan menjelang implementasi Kurikulum 2013. *** [Srie]

Catatan:




Kompetensi Dasar SMA/MA Kurikulum 2013 -
Baca Juga

Komentar

  1. pergantian kurikulum di Indonesia tidak menghasilkan dampak yang signifikan terhadap mutu pendidikan di negeri ini,lbh baik dana yg besar untuk perubahan kurikulum tsb digunakan untuk pelatihan guru-guru agar lebih profesional atau digunakan untuk memperbaiki gedung sekolah yang tidak layak disebut sbg gedung sekolah.

    BalasHapus
  2. beritanya sangat bagus dan sangat menarik

    BalasHapus
  3. info ini sangat mengagumkan sekali untuk saya

    BalasHapus
  4. terima kasih telah berbagi informasi yang sangat menarik dan bermanfaat ini

    BalasHapus
  5. info yang sangat lengkap dan bermanfaat,thanks...this is very interesting

    BalasHapus
  6. terima kasih sekali atas infonya yang bermanfaat sekali untuk saya dan juga bagi yang lain

    BalasHapus
  7. informasinya sangat menakjubkan dan bermanfaat sekali untuk saya

    BalasHapus
  8. terima kasih sudah di ijinkan membacanya, infonya bagus sekali

    BalasHapus
  9. terimakasih, website ini telah memberikan ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat untuk saya dan yang lain

    BalasHapus
  10. informasi yang aktual, semua informasi yang diberikan bermanfaat sekali untuk kita semua

    BalasHapus
  11. terima kasih atas beritanya yang sangat bermanfaat bagi kita semua

    BalasHapus

Posting Komentar

Kami menghargai komentar yang relevan dengan konten tulisan, menggunakan bahasa yang baik dan sopan, dan tidak mengandung unsur kebencian berdasarkan SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan).